Selasa 12 Oktober 2021, 16:44 WIB

Paralayang Sumbang Satu Set Medali PON untuk Sumbar

Yose Hendra | Olahraga
Paralayang Sumbang Satu Set Medali PON untuk Sumbar

Antara/Paramayuda.
Ilustrasi.

 

SUMATRA Barat mencatatkan sejarah pada dunia olahraga kedirgantaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Setelah berhasil menyabet satu medali emas dari cabang olahraga gantole, sumbangan emas berikutnya datang dari paralayang.

Kepastian itu diperoleh pada sesi hitungan final dan UPP Cabor Paralayang yang digelar di Bumi Perkemahan Cenderawasih, Kota Jayapura, Selasa (12/10). Khusus Paralayang, Sumbar sendiri sejak awal dipandang sebelah 
mata. Pasalnya, pada PON Papua inilah Sumbar baru berhasil mengirim sederet atlet pascalolos di babak kualifikasi PON.

Sebelumnya, penerbang-penerbang Ranah Minang selalu terganjal di babak kualifikasi hingga gagal bertanding di multievent olahraga terakbar nasional. Di bumi Cenderawasih, anak asuh Dodo Yudokusuma mampu berbuat banyak dan dianggap sebagai tim Kuda Hitam oleh tim kuat seperti Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Sumbar sukses menyabet satu keping medali emas melalui nomor Ketepatan Mendarat Beregu Putri melalui pasangan Rina Kusuma Ningrum dan Nofrica Yanti. Medali perak disumbangkan Rina Kusuma Ningrum dari nomor Lintas Alam Perorangan Putri. Sementara satu medali perunggu diperoleh Nofrica Yanti pada nomor Ketepatan Mendarat Perorangan Putri.

Dodo Yudokusuma mengapresiasi perjuangan anak didiknya. Menurutnya, apapun hasil yang diperoleh pada PON Papua, sudah merupakan capaian terbaik. Sebelumnya, Sumatra Barat memiliki kans meraih tiga medali emas dari cabor ini. Hanya pada pelaksanaan lomba hari terakhir, terjadi kejar-kejaran skor sehingga hanya satu medali emas saja yang bisa disumbangkan untuk Sumatra Barat.

"Anak-anak telah berjuang maksimal. Ke depan kita akan mempersiapkan tim ini lebih maksimal lagi, sehingga pada PON selanjutnya atau kejuaraan-kejuaran yang kami ikuti, para atlet bisa memberikan hasil lebih bagus lagi," pungkasnya.

Baca juga: Dimas Septo Sabet Emas Gulat Kelas 125 Kg

Hingga sore ini, perolehan dua medali emas menjadikan Sumbar mengoleksi 7 keping emas,9 perak, dan 15 perunggu. Posisi Sumbar di klasemen sementara pun naik dari 17 ke posisi 15. (OL-14)

Baca Juga

Twitter @bwfmedia

Pelatih Kecewa Praveen/Melati Tersingkir di Semifinal Denmark Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 09:15 WIB
"Memang kalahnya agak nyesek, kurang hoki. Tetapi secara permainan mereka terbawa pola permainan lawan yang bermain panjang-panjang ke...
Dok MI/ROMMY PUJIANTO

Cedera, Ginting dan Jojo Absen di Prancis Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 09:14 WIB
Kedua pebulu tangkis tersebut telah merasakan sakit pada bagian pinggang sejak final Piala Thomas dan puncaknya terjadi saat melakoni...
AFP/Darron Cummings

Verstappen Raih Posisi Pole di GP Amerika

👤Basuki Eka Purnama, Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 06:27 WIB
Verstappen, yang unggul enam poin di klasemen pembalap dari Hamilton, meraih posisi pole kesembilannya pada musim 2021 dengan catatan waktu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya