Sabtu 12 Juni 2021, 12:41 WIB

Lima Lifter Indonesia Raih Tiket ke Olimpiade Tokyo

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Lima Lifter Indonesia Raih Tiket ke Olimpiade Tokyo

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan

LIMA lifter Indonesia dinyatakan lolos kualifikasi menuju Olimpiade 2020 Tokyo yang akan digelar, 23 Juli-8 Agustus mendatang.

Berdasarkan daftar ranking Tokyo 2020 yang dirilis Federasi Angkat Besi Dunia (IWF) melalui laman resmi, Sabtu (12/6), lima lifter yang lolos itu adalah Windy Cantika Aisah (49kg), Eko Yuli Irawan (61kg), Deni (67kg), Rahmat Erwin Abdullah (73kg), dan Nurul Akmal (+87kg).

Windy, Eko Yuli, Deni, dan Nurul Akmal dinyatakan lolos karena mereka menduduki posisi delapan besar dunia, yang merupakan batas aman menuju Tokyo.

Baca juga: KOI Optimistis Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Sementara itu, Rahmat Erwin Abdullah, yang saat ini, berada di peringkat ke-11, berhak mendapat tiket melalui jatah kontinen.

"Khusus untuk Rahmat Erwin Abdullah merupakan proses yang sangat mendebarkan mengingat pada periode awal prakualifikasi April 2019 masih
berjuang untuk masuk 13 besar (delapan ranking dunia dan lima dipilih
dari wakil setiap kontinen)," kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PABSI Hadi Wihardja dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6).

"Namun, setelah 6 Juni 2021, IWF terus menyesuaikan poin-poin setiap lifter, dan akhirnya Rahmat bisa menjadi wakil Asia bersama Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan untuk Olimpiade Tokyo," sambung dia.

Selain itu, menurut Hadi, Rahmat Erwin juga cukup diuntungkan dengan posisi itu setelah lifter Kolombia disanksi larangan bertanding di Olimpiade Tokyo karena kasus doping.

Kondisi serupa juga terjadi pada Nurul Akmal, yang hingga akhir 2020, masih berada di posisi ke-14 dunia. Namun, ia kemudian berhasil masuk enam besar dunia setelah mengikuti beberapa turnamen kualifikasi pada tahun ini.

Menurut keterangan IWF, daftar peringkat yang telah dirilis tersebut belum final hingga seluruh proses antidoping selesai.

"IWF telah membuat keputusan sangat cermat karena memperhatikan kondisi lifter khususnya lift clean dan lifter harus bebas dari doping," tutup Hadi. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

KONI Sumut Antisipasi Penyakit Malaria Pada PON 2021 Papua

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 19 September 2021, 23:26 WIB
KONI Provinsi Sumatera Utara memberi bekal khusus kepada kontingen yang diberangkatkan ke arena PON 2021 untuk mengantisipasi serangan...
Antara/Indrayadi Th

Kontingen PON XX Papua Mulai Berdatangan, Panitia Siapkan Sambutan

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 19 September 2021, 22:45 WIB
Kontingen dari DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Bali, Lampung, Papua Barat, Banten dan NTB, menjadi rombongan pertama yang tiba di...
ANTARA/Fransisco Carolio

Mimpi Gubernur Edy, Sumatra Utara Mampu Mengulang Kejayaan di Era 80-an pada PON XX Papua

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 19 September 2021, 21:45 WIB
Dukungan penuh dia sampaikan kepada ratusan atlet, official, pelatih dan unsur pengamanan agar hasil maksimal bisa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

AS, Inggris, dan Australia Umumkan Pakta Pertahanan Baru

 Aliansi baru dari tiga kekuatan tersebut tampaknya berusaha untuk melawan Tiongkok dan melawan kekuatan militernya di Indo-Pasifik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya