Jumat 18 Desember 2020, 18:58 WIB

Pemerintah Bangun Laboratorium AntiDoping di Kota Solo

Widjajadi | Olahraga
Pemerintah Bangun Laboratorium AntiDoping di Kota Solo

MI/Widjajadi
Menpora Zainudin Amali saat jumpa pers pembangunan laboratorium antidoping di kompleks RSO Prof Dr R Soeharso Surakarta, Jumat (18/12).

 

KOTA Solo, Jawa Tengah terpilih menjadi tempat pendirian laboratorium antidoping Indonesia. Labaoratorium itu akan dibangun di dalam kompleks Rumas Sakit Ortopedi Prof.Dr.R Soeharso Surakarta.

"Keberadaan laboratorium antidoping ini menjadi tonggak sejarah baru bagi Indonesia. Kota Solo dipilih karena di kota ini menjadi ajang pertama kali PON digelar," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam jumpa pers di RSO Prof Dr R Soeharso Surakarta, Jumat (18/12).

Menurutnya, kesiapan Kemenpora membangun laboratorium antidoping di Indonesia sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap penegakan anti doping. Lebih dari itu, selama ini untuk tes doping, Indonesia harus mengirim sampel ke luar negeri dengan biaya mahal.

Rencana pembangunan laboratorium ini mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Kementerian Kesehatan dengan menyediakan lahan seluas 700 meter persegi di kompleks RSO Prof Dr R Soeharso Surakarta.

"Saat saya bersama Sesmenpora dan Sekjen LADI (Lembaga Anti Doping Indonesia) mengadakan pembicaraan virtual dengan Presiden Badan Anti Doping Dunia (WADA), kami utarakan, setiap ada kegiatan kita harus kirim sampel ke luar negeri. Padahal Indonesia merupakan negara besar, yang mestinya punya laboratorium anti doping sendiri. WADA mendukung," kata Menpora.

Nantinya menurut Menpora, keberadaan laboratorium antidoping sementara untuk kebutuhan atlet dalam negeri. Baru kemudian bisa untuk internasional, jika sisi kesiapan sudah sempurna. " Yang jelas kedepan dengan adanyanl laboratorium, jumlah tes bisa meningkat signifikan," jelas Menpora.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Rujukan Kemenkes Dr Rita Rogayah mengatakan lokasi yang disediakan RSO Prof Dr R Soeharso sangat strategis, karena berada di depan, dengan luas yang memadai. " Ini menjadi komitmen kami, agar laboratorium dapat segera terwujud," ujar Rita. (R-1)

 

Baca Juga

Ist/Kemenpora

ASEAN Para Games Solo 2022 Berakhir, Kamboja Siap Jadi Tuan Rumah 2023

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:11 WIB
Kamboja akan menjadi tuan rumah pelaksanaan pesta olahraga penyandang disabilitas Asia Tenggara atau ASEAN Para Games pada...
Ist/Kemenpora

Menpora Amali: Indonesia Cetak Sejarah ASEAN Para Games dalam Raihan Medali

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:01 WIB
Menpora Zainudin Amali menyebut perolehan medali emas kontingen Merah-Putih terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di...
Ist/Kemenpora

APG 2022 Sukses, Menpora Terima Kasih kepada Presiden dan Seluruh Kontingen

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 08:51 WIB
Menpora) Zainudin Amali sampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi atas arahan serta apresiasi kepada Wali Kota Solo atas suksesnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya