Minggu 04 Juni 2023, 14:43 WIB

Sedang Operasi Rutin, KRI Teluk Hading Terbakar

Lina Herlina | Nusantara
Sedang Operasi Rutin, KRI Teluk Hading Terbakar

Dok. MGN
KAPAL perang KRI Teluk Hading 538 terbakar di Sulawesi Selatan.

 

KAPAL perang KRI Teluk Hading 538, yang mengangkut 119 orang, diinformasikan terbakar di Perairan Bulukumba-Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Sabtu (3/6) siang. Beruntung, semua penumpang dinyatakan selamat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta dalam keterangannya, Sabtu malam di Markas Komando (Mako) Lantamal VI Makassar, mengatakan, kebakaran KRI Teluk Hading 538 diduga bersumber dari bagian belakang kapal.

"Kronologis dan penyebab kebakaran sedang diinvestigasi. Dan info awal kebakaran berawal dari ruang DG. Itu juga awalnya diketahui dari Basarnas yang mendapat informasi terlebih dahulu," kata Wira Hadi.

Baca juga: Kapal Pengangkut Solar di Jakut Terbakar, Dua Orang Luka Parah

Kapal tersebut, bergerak dari Jakarta, menuju pelaksanaan operasi rutin di wilayah kerja Koarmada III. "Kami juga mengucapkan terima kasih kepada MV Golden Ace, TB. Bahtera Zalfa, dan MV Green Land yang membantu pelaksanaan penyelamatan tersebut," ungkap Wira Hadi.

"Proses penyelamatan berjalan cukup cepat kurang lebih selama 30 menit. Terlebih kapal yang mengalami kebakaran di perairan Selat Selayar tersebut dalam keadaan laik operasi. Kapal tersebut, akan ditarik ke daratan terdekat," sambungnya.

Baca juga: Kapal Terbakar di Tengah Lautan, 11 ABK Hilang

Beruntung, semua kru selamat, tidak ada korban jiwa. KRI Teluk Hading membawa 119 personel, terdiri dari 62 orang kru kapal dan 57 orang penumpang. Saat kebakaran, personel dievakuasi kapal TB Bahtera Zalfa dan beberapa kapal lain yang melintas.

"Saat ini KRI Teluk Hading-538 diupayakan untuk ditarik menggunakan kapal tunda menuju daratan terdekat untuk selanjutnya TNI AL akan menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya kebakaran," lanjut Wira.

Terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan terima kasih kepada kepada masyarakat atas laporan cepat yang diberikan kepada pihak terkait terhadap kebakaran yang terjadi di KRI Teluk Hading-538 sehingga dapat ditangani dengan cepat.

(Z-9)


 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Kualitas Udara Memburuk, Pemkot Palembang Undur Jam Masuk Sekolah

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 30 September 2023, 09:45 WIB
Pemkot Palembang mengeluarkan surat edaran jam masuk sekolah untuk siswa TK hingga SMP yang diundur hingga pukul 09.00...
Dok. Pemprov Sultra

Perda Data Desa Presisi Buat Pembangunan di Sultra Berjalan Terukur

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 30 September 2023, 09:14 WIB
Kehadiran DDP akan membuat pembangunan di Provinsi Sultra berjalan secara terencana, terukur, tepat sasaran, serta...
Dok.AMP

Bantu Cetak Generasi Unggul, Wilmar Group Bantu Fasilitas Pendidikan Di Daerah Operasi

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 30 September 2023, 08:35 WIB
Perusahaan berkomitmen untuk turut berkontribusi menyiapkan generasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya