Kamis 26 Januari 2023, 14:46 WIB

Sejumlah Calhaj di Sumenep Batalkan Haji dan Beralih ke Umrah

Reporter: Akhmad Khairul Anwar, Penulis: MUKLIS EFENDI | Nusantara
Sejumlah Calhaj di Sumenep Batalkan Haji dan Beralih ke Umrah

Antara Foto/Aji Setyawan
Umat muslim melakukan tawaf yang merupakan bagian dari ibadah haji dan umrah.

 

USULAN Kementerian Agama (Kemenag) yang akan menaikkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) hampir dua kali lipat dari sebelumnya, membuat sejumlah calon jemaah haji asal Kabupaten sumenep, Jawa Timur memilih mengurungkan niatnya untuk melaksanakan ibadah haji.

Sebanyak 32 jemaah haji asal sumenep mengaku resah terkait informasi yang beredar dan memilih untuk mengundurkan diri pada keikutsertaan haji tahun ini.

Kepala Kemenag Kabupaten Sumenep Choironi Hidayat mengatakan akibat wacana tersebut banyak calon Jemaah yang berusaha memastikan perihal biaya kenaikan haji dengan cara datang langsung kantor Kemenag maupun melalui sambungan telepon.

“Umumnya yang membatalkan rencana kenaikan haji mengaku memilih akan melangsungkan ibadah umroh saja karena biayanya jauh lebih murah dan lebih cepat proses pemberangkatannya menuju tanah suci,” ujar Choiroini di Sumenep, Jawa Timur, hari ini.

Baca juga: Petani Sultra Keluhkan Harga Rumput Laut yang Tak Stabil

Diketahui Kementerian Agama RI melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan biaya perjalanan ibadah haji naik dari sebelumnya di tahun 1443 H/ Tahun 2022 sebesar Rp. 39,88 juta menjadi Rp. 69,19 juta pada penyelenggaraan haji tahun 1444 H/ Tahun 2023 saat melakukan rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Kamis (19/1/2023), dengan alasan perubahan skema persentase komponen biaya perjalanan ibadah haji dan persentase nilai manfaat yang semakin membesar tiap tahunnya.

Walupun keputusan tersebut belum final namun sejumlah masyarakat calon Jemaah haji mengaku resah dengan wacana tersebut dan berharap biaya penyelenggaraan ibadah haji tidak mengalami kenaikan atau sama dengan sebelumnya.(OL-4)

Baca Juga

dok.ant

Polda NTT : Tak Ada Laporan Penculikan Anak di Kota Kupang

👤Palce Amalo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:39 WIB
KABID Humas Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Kombes Ariasandy memastikan tidak ada penculikan anak di wilayah Kota...
dok.ant

Sakit Hati Alasan Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Merampok

👤Faishol Taselan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:32 WIB
MOTIVASI mantan Wali Kota Blitar, Jawa Timur Samanhudi Anwar yang terlibat dalam perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar akhirnya...
MI/VOUCKE LONTAAN

Ketua Umum Legio Luminis Indonesia Wenny Lementut Salurkan 1.000 Paket Bantuan Korban Bencana di Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:32 WIB
Apa yang dibuat LLI tersebut semata-mata karena alasan kemanusiaan. Ini wujud kepedulian sesama umat manusia kepada warga yang terkena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya