Kamis 19 Januari 2023, 21:15 WIB

Jokowi Targetkan Pembangunan KEK Likupang Rampung Medio Tahun Ini

Andhika Prasetyo | Nusantara
Jokowi Targetkan Pembangunan KEK Likupang Rampung Medio Tahun Ini

BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo meninjau kawasan Likupang di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono untuk terus mempercepat pembangunan infrastruktur di Sulawesi Utara demi mendukung keberadaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas.

Saat ini, menurutnya, infrastruktur yang masih harus dioptimalkan adalah adalah akses jalan dari Bandara Internasional Sam Ratulangi atau kawasan kota menuju Likupang.

"Ini sebagian memang sudah diperbaiki. Saya rasa kalau dibandingkan sebelumnya jauh sekali. Sekarang sudah mulus," ujar Jokowi di Sulawesi Utara, Kamis (19/1).

Dari segi infrastruktur transportasi, Kepala Negara melihat Bandara Sam Ratulangi yang berlokasi di Manado sudah baik karena telah didandani dan ditingkatkan kapasitasnya.

"Sehingga sekarang sudah siap menampung pengunjung dalam jumlah besar," ucap mantan Wali Kota Surakarta itu.

Dari bandara, jika wisatawan enggan menggunakan jalur darat, tersedia opsi angkutan laut menggunakan kapal feri dari Manado menuju Likupang.

Perjalalanan dengan feri pun bisa lebih cepat 15-20 menit ketimbang dengan angkutan darat. "Ini bisa mempercepat kurang lebih 20 menit. Jadi yang dari airport kemudian lewat air lebih cepat," sambung Jokowi.

Dengan kondisi yang sudah cukup baik, ia berharap akan ada banyak investor baik dari dalam maupun luar negeri yang masuk ke KEK Likupang.

"Kita harap hotel seperti Marriot ini, bintang lima, tidak hanya satu. Kemudian yang lain-lain juga, bintang empat, bintang tiga dan resort, semua ada di Kawasan Likupang ini," paparnya.

Pembangunan KEK Pariwisata Likupang saat ini masih berjalan. Jokowi menargetkan seluruh pengerjaan bisa rampung pada pertengahan tahun ini dan beroperasi penuh pada akhir tahun

"Kira-kira selesai pertengaham tahun tapi operasional akhir tahun ini," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

Ganjar Targetkan Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah Rampung Akhir 2023

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:32 WIB
PEMBANGUNAN Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang berada di Kabupaten Magelang, kembali dilanjutkan setelah sempat terhenti selama dua...
Dok PWKI

Sultan HB X Siap Terima Kunjungan Wakil Paus Fransiskus di Yogyakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:25 WIB
Kardinal Ayuso yang membidangi Dialog Antar Agama dari Vatikan akan ke Yogyakarta untuk mewakili Paus Fransiskus menerima Gelar Kehormatan...
ANTARA

Ladang Ganja Ditemukan di Kawasan Objek Wisata Cangkuang Garut

👤Kristiadi 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:46 WIB
Selain pohon ganja yang sudah tinggi dan siap panen itu ada pula bibit pohon ganja yang relatif masih kecil dan baru tumbuh beberapa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya