Jumat 13 Januari 2023, 19:18 WIB

Ratusan Kilometer Jalan Di Pantura Jateng Rusak Akibat Banjir

Akhmad Safuan | Nusantara
Ratusan Kilometer Jalan Di Pantura Jateng Rusak Akibat Banjir

DOK MI
Ilustrasi

 

BANJIR yang melanda daerah di pantura Jawa Tengah mengakibatkan kerusakan cukup parah ruas jalan kabupaten, provinsi dan nasional. Perbaikan sementara dilakukan secara tambal sulam untuk memperlancar arus kendaraan.

Pemantauan Media Indonesia Jumat (13/1) kerusakan jalan akibat banjir sejak awal tahun di daerah pantura Jateng cukup mengganggu arus lalu lintas. Kendaraan harus berjalan merambat hingga memakan waktu panjang untuk sampai tujuan karena berlubang cukup dalam dan longsor.

Bahkan tidak sedikit kendaraan mengalami kecelakaan terutama angkutan barang, ketika melintas di ruas jalan kabupaten, provinsi dan nasional yang rusak cukup parah. "Banyak juga kendaraan kecil yang rusak karena terperosok cukup dalam di jalan yang berlubang," ucap Subardi, warga Kaligawe, Kota Semarang.

Jalan nasional alami kerusakan akibat banjir terlihat di ruas Kaligawe-Genuk (Kota Semarang), Sayung dan Trengguli (Demak), Karanganyar-Kudus (Kudus) dan beberapa titik di ruas Pati-Rembang. Ruas jalan provinsi yang merupakan penghubung antar daerah juga mengalami kondisi tidak jauh berbeda, kerusakan terjadi hampir di beberapa daerah akibat banjir seperti Pati, Kudus, Grobogan, Demak, dan Semarang.

Pemerintah Kabupaten Kudus mencatat setidaknya ada 166 kilometer atau 26 persen dari total jalanjalan di daerah ini rusak dan menunggu perbaikan. "Perbaikan hanya bisa bertahap karena keterbatasan anggaran, sementara ditutup menggunakan agregat agar kendaraan dapat melintas dulu," ujar Bupati Kudus, Hartopo.

Tidak hanya di jalan nasional jalur pantura, kerusakan akibat banjir juga terjadi di jalan provinsi seperti ruas Genuk (Semarang)- Bulusari (Demak) dan Mranggen-Onggorawe (Demak). Kondisi serupa juga terjadi di Grobogan, kerusakan jalan provinsi akibat bencana banjir terjadi di ruas Purwodadi-Blora yakni di Getasrejo, Kecamatan Grobogan, Purwodadi-Blora dan Pati, jalur Kudus-Purwodadi, jalan Purwodadi-Semarang serta jalan Penawangan-Godong dengan lubang capai kedalaman 30 sentimeter.

Sub Koordinator Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah wilayah Purwodadi Wimas Radit Sambodo mengatakan lubang atau kerusakan cukup banyak, sehingga belum semua bisa diperbaiki. "Kerusakan jalan yang sering tergenang maka ditangani secara darurat, sedang yang bebas genangan kerusakan atau lubang ditambal dengan batu pecah dan aspal," imbuhnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya (DPU BMCK) Jawa Tengah AR Hanung Triyono mengatakan setelah banjir surut langsung
menggenjot perbaikan jalan rusak yakni dengan bersinergi bersama pemda, BBWS Pemali Juana,dan dinas terkait. "Perbaikan termasuk jalan nasional Jalan Kaligawe Raya Semarang, penanggung njawab pekerjaan ada di Satker PJN III karena ini ruas jalan nasiona," tambahnya.

Perbaikan jalan ini, lanjut Hanung Triyono, sudah masuk pada lingkup rekonstruksi tahun anggaran 2022 sampai dengan 2024 dengan total anggaran Rp193 miliar meliputi segmen KM 5 sampai KM 500 (jembatan pelayaran sampai dengan KM 6 sampai KM 700 atau Genuk),  ruas Semarang, Demak, Trengguli Jepara dan Kudus. (OL-15)

Baca Juga

DOK.MI

Situasi Polres Malinau Kaltara Kondusif Usai Dirusak Massa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:20 WIB
Peristiwa ini berawal dari tertembaknya korban LH oleh Brigadir W dari Tim Intel Resmob Kompi 4 Yon A Pelopor Polda...
ANTARA/Istafan Najmi

BKSDA Teliti Perilaku Harimau Sumatra Serang Warga di Aceh Selatan

👤Amiruddin Abdullah 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:05 WIB
Sampel darah harimau tersebut akan dikirim ke Laboratorium PSSP Bogor untuk pemeriksaan canine distemper...
ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Kirab Barongsai dan Liong Meriahkan Cap Go Meh di Denpasar

👤Ruta Suryana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 22:40 WIB
Kirab barongsai dan liong tidak hanya melibatkan warga keturunan Tionghoa dan umat di klenteng, tetapi juga masyarakat Hindu Bali dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya