Kamis 05 Januari 2023, 16:56 WIB

Resmikan SPAM Durolis, Presiden: Upaya Kurangi Stunting dan Penyakit

Andhika Prasetyo | Nusantara
Resmikan SPAM Durolis, Presiden: Upaya Kurangi Stunting dan Penyakit

Antara
Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di wilayah Riau.

 

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis (Durolis) di wilayah Rokan Hilir, Riau, pada Kamis (5/1) ini.

Jokowi, sapaan akrabnya, berharap infrastruktur tersebut dapat memberikan manfaat maksimal untuk pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat, yang jumlahnya mencapai 160 ribu orang di kawasan tersebut.

"Saya harapkan dengan dibangunnya SPAM, kualitas air minum yang digunakan masyarakat jadi semakin baik," ujarnya di Rokan Hilir.

Baca juga: Harga Pangan Bergizi Mahal, Upaya Penurunan Stunting Semakin Sulit

Menurut Kepala Negara, keberadaan SPAM setidaknya mampu mengurangi ancaman sejumlah penyakit dan gizi buruk. "Ini akan mengurangi banyak hal, seperti stunting dan mungkin penyakit tertentu," pungkas Jokowi.

"Sebelumnya, air tidak diolah terlebih dahulu. Saya kira di semua provinsi membutuhkan SPAM seperti ini," sambungnya.

Adapun SPAM Durolis dibangun di atas lahan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir. Biaya investasinya mencapai Rp396,6 miliar, yang berasal dari anggaran Kementerian PUPR.

Baca juga: Jokowi Bangun Bendungan, Pengamat: Majukan Pertanian, Listrik, hingga Pariwisata

Meski sudah diresmikan, Presiden ingin kapasitas SPAM Durolis bisa terus ditingkatkan ke depan. Saat ini, sistem tersebut baru memiliki kapasitas penyaluran 400 liter per detik.

“Rencananya 1.500 liter per detik. Ini masih memiliki ruang banyak, yang nanti bisa disalurkan ke lebih banyak lagi ke rumah tangga tangga di sini,” pungkas Presiden.

Kepala UPT SPAM Rokan Hilir Zulkarnain mengungkapkan Rokan Hilir yang merupakan daerah pesisir, memiliki kualitas air kurang baik. Oleh karena itu, kehadiran SPAM dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.(OL-11)
 

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Omset Warung Tulus Meningkat Pesat Pasca Transformasi Digital

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 27 Januari 2023, 12:10 WIB
Di Palembang, Tulus Prasetyo (51), menjadi salah satu pemilik warung kelontong di wilayah Tanah Mas Palembang yang merasakan manfaat...
dok.Pemkot Tegal

Pelabuhan Perikanan Tegalsari Kota Tegal Kapan Dibangun? ini kata Jumadi

👤Supardji Rasban 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:35 WIB
WAKIL Wali Kota Tegal, M. Jumadi sebut bila tidak ada rintangan, September-Desember 2023 sudah ada kepastian pendanaan pembangunan...
ANTARAFOTO/ Basri Marzuki

Sepuluh Penerbangan dari Sam Ratulangi Ditunda

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:38 WIB
Hujan disertai angin kencang yang menerjang sejumlah wilayah di Kota Manado dan sekitarnya berdampak terhadap penerbangan di Bandara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya