Rabu 07 Desember 2022, 22:41 WIB

Yogyakarta Terus Matangkan Persiapan Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023

Mediaindonesia.com | Nusantara
Yogyakarta Terus Matangkan Persiapan Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023

Dok. Pribadi
Rapat Koordinasi Penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogyakarta

 

KETUA Pelaksana ASEAN Tourism Forum 2023, Gusti Kanjeng Ratu Bendara memimpin Rapat Koordinasi antar anggota Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) untuk kegiatan Asean Tourism Forum (ATF) 2023 dengan jajaran Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama para pelaku pemangku kepentingan industri pariwisata Yogyakarta.

Yogyakarta bersiap menggelar perhelatan akbar ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan dihelat pada tanggal 2-5 Februari 2023. Setelah sukses menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum (ATF) pada 2002 di Yogyakarta dan 2012 di Manado, Pemerintah Kota Yogyakarta akan kembali dengan bangga menyambut semua delegasi di Forum Pariwisata tahunan terbesar ASEAN 2023.

Ketua Pelaksana ASEAN Tourism Forum 2023, Gusti Kanjeng Ratu Bendara mengatakan, rapat Koordinasi itu menjadi momen strategis dan penting yang mempertemukan berbagai pihak kunci di Yogyakarta untuk memastikan sinergi terbaik penyelenggaraan perhelatan ATF 2023. 

"Pada prinsipnya 100% dukungan dan kesiapan masyarakat Yogyakarta kami curahkan sepenuh hati dan tenaga untuk mensukseskan perhelatan akbar ini," ujarrnya.

Lebih jauh, Gusti Bendara mengajak seluruh pemangku kepentingan destinasi pariwisata Indonesia untuk memanfaatkan momen penting ATF 2023 dengan turut berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan ATF 2023. 

Salah satu agenda utama dalam ATF 2023 adalah TRAVEX, trade-only mart yang menampilkan kontingen produk dan layanan tujuan wisata dan perjalanan ASEAN terbesar di dunia, serta memfasilitasi penjualan, pembelian, dan promosi kawasan secara internasional. 

Baca juga : Yogyakarta Optimistis Pariwisata Bakal Bergeliat di 2023

Pemerintah Yogyakarta berharap agar pihak industri pariwisata dan Pemerintah Daerah seluruh indonesia dapat memanfaatkan pertemuan strategis ini dan dapat berpartisipasi di pertemuan B2C dan B2B.

Untuk mengoptimalkan dan memastikan persiapan dan penyelenggaraan terbaik, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sultan Hamengku Buwono X telah membentuk 5 Kelompok Kerja (Pokja/Co-Chair) kepanitian penyelenggaraan ATF 2023 melalui Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 312/KEP/2022 Tentang Pembentukan Steering Commitee dan Organizing Committee Asean Tourism Forum Tahun 2023. 

5 Kelompok Kerja yang dibentuk terdiri dari Co-Chair 1 untuk G to G Meeting & Conference, Co-Chair 2 untuk TRAVEX & Exhibition, Co-Chair 3 untuk Function & Side Event, Co-Chair 4 untuk Amenities dan Co-Chair 5 untuk Partnership dan Public Relations.

Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta Singgih Raharjo menjelaskan, Yogyakarta begitu bersiap menjadi Tuan Rumah dan penyelenggara ASEAN Tourism Forum 2023 pada 2-5 Februari 2023 mendatang. Berbagai persiapan saat ini dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan terbaik event ini pada waktunya nanti. 

Sebagai bentuk dukungan utama untuk ATF 2023, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta siap menghelat Royal Dinner untuk seluruh delegasi peserta ATF 2023 serta ajang Indonesia Culinary Festival & Creative Economy Industries Exhibition yang memberikan kesempatan bagi komunitas UMKM untuk berpartisipasi. Warga Yogyakarta dan sekitarnya diundang untuk turut meramaikan ajang ini.

Yogyakarta memiliki kelengkapan sarana dan infrastruktur untuk penyelenggaraan ATF 2023 sesuai dengan kriteria ASEAN MICE Venue Standard, yaitu: Venue MICE Internasional: Jogja Expo Center dengan total luas ruangan lebih dari: ±10.000 m², Yogyakarta Internasional Airport, tersedia penerbangan langsung dari negara ASEAN (Singapura dan Malaysia) serta akomodasi tersedia±168 jumlah hotel bintang, dengan total sekitar 16.293 jumlah kamar tersedia. (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK.MI

Polisi Tangkap Pembuat Aplikasi Pembobol Rekening di Sulsel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:12 WIB
Pelaku diketahui berstatus mahasiswa, usia 20 tahun asal Kabupaten Pinrang, Sulsel. IA membuat aplikasi tersebut lalu...
DOK.MI

Masyarakat Diminta Waspada Gelombang Empat Meter di Perairan Talaud

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 23:02 WIB
Warga diharapkan berhati-hati bila melakukan aktivitas di perairan dengan tinggi gelombang tertentu karena bisa membahayakan keselamatan...
Dok. BSKDN Kemendagri

BSKDN Minta Sulawesi Selatan Jadi Barometer Kemajuan Inovasi di Indonesia Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 22:39 WIB
Lebih lanjut Yusharto menjelaskan, berdasarkan variabel ukur IID Provinsi Sulsel telah mengalami peningkatan pada 2022 dihampir semua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya