Rabu 30 November 2022, 17:33 WIB

Komunitas Kiai Muda di Ngawi Kepincut Program Pesantren Ganjar

mediaindonesia.com | Nusantara
Komunitas Kiai Muda di Ngawi Kepincut Program Pesantren Ganjar

dok.ist
Komunitas Kiai Muda di Ngawi, Jawa Timur menggelar doa bersama agar Indonesia mendapatkan pemimpin yang baik, nasionalis, cinta kepada santr

 

KOMUNITAS Kiai Muda di Ngawi, Jawa Timur (Jatim) menggelar maulid nabi, doa bersama, dan sholawatan. Mereka berdoa agar bangsa Indonesia lebih maju, sejahtera, dan aman untuk semua orang.

Ada harapan dalam doa mereka, agar Indonesia mendapatkan pemimpin yang baik, nasionalis, cinta kepada rakyat, peduli terhadap pesantren, menjunjung tinggi toleransi, diterima semua kalangan, dan punya program terbaik. Menurut mereka, sosok pemimpin itu adalah Ganjar Pranowo.

Ribuan Kyai Muda Jatim mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Deklarasi diikuti oleh para kyai, ulama, dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) di Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Desa Dari, Tawun, Kasreman, Ngawi, Jatim.

Pendiri Lembaga Pendidikan Al Hidayah, Nasrodin Alwi mengatakan, figur Ganjar Pranowo sangat dekat dengan kalangan pesantren dan anak muda. Nasrodin melihat bahwa ada banyak program kerja unggulan Ganjar di kalangan santri, salah satunya ekonomi pesantren.

"Program Bapak Ganjar sendiri adalah itu ada yang berkaitan dengan pondok pesantren, yaitu ekonomi pesantren. Itu yang membuat kita sebagai kiai muda, semangat untuk mendukung beliau sebagai presiden 2024," kata Nasrodin, Rabu (30/11/2022).

Program ekonomi pesantren yang digagas Ganjar membuat para santri dan civitas Ponpes mendapatkan pelatihan hingga pendampingan untuk pengembangan usaha. Dengan program ini, Ganjar mendorong kemampuan pesantren untuk menggerakan perekonomian di lingkungan masyarakat sekitar.

Ganjar juga terus menjalankan amanat UU Pesantren Nomor 18 Tahun 2019 yang mengharuskan setiap pemerintah daerah memfasilitasi pondok pesantren. Antara lain fasilitas pendidikan, pendampingan, hingga pemberdayaan para santri yang diproyeksikan melahirkan kalangan santri yang lebih unggul dan kompetitif.

Dari program tersebut, kata Nasrodin, kinerja Ganjar sebagai seorang pemimpin sudah terbukti. Terlebih lagi, Nasrodin menyebut program itu melibatkan dan menitikberatkan pada pengembangan kuwala muda, dalam hal ini santri.

"Bagaimana program beliau, bagaimana karakter beliau, dan bagaimana beliau dengan anak muda zaman sekarang. Itu sangat bagus sekali," katanya.

Nasrodin berharap, Ganjar dapat melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) din2024 mendatang. Nasrodin menyakini bahwa Indonesia semakin baik dan maju melalui kepemimpinan Ganjar Pranowo.

Sementara itu, Koordinator Kyai Muda Jatim Kyai Ali Baidlowi MZ menyebut akan terus mensosialisasikan sosok Ganjar Pranowo ke seluruh masyarakat Jatim, khususnya kalangan pesantren. Kiyai Ali mengatakan, pihaknya ingin menunjukkan bahwa Ganjar dapat memberikan kepemimpinan terbaik untuk bangsa Indonesia.

"Insya Allah kita sosialisasikan terus ke kabupaten-kabupaten dan kota se-Provinsi Jawa Timur. Mungkin habis ini bisa di Madiun, di Gresik, di Lamongan, juga di Kabupaten-kabupaten lain. Kita tunjukkan bahwa Pak Ganjar itu layak dipilih daripada yang lainnya," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Pelatihan Literasi Digital di Jateng dan DIY Diikurti 425 Ribu Orang Sepanjang Juni-November

Baca Juga

Mi/Dwi Apriani

BNNP Sumsel Sita 115 Kilogram Sabu Asal Myanmar

👤Dwi Apriani 🕔Senin 30 Januari 2023, 17:52 WIB
BADAN Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan (BNNP Sumsel) menyita 115 kilogram (kg) asal...
MGN/Bambang Yulianto

Longsor Tebing Sungai Bengawan Solo Makini Parah, Warga Ketakutan

👤Bambang Yulianto (MGN), Muhardi (SB) 🕔Senin 30 Januari 2023, 17:48 WIB
Longsor memang kerap terjadi sejak setahun terakhir. Namun, semakin hari longsor ini kian...
Mi/Mohammad Ghazi

Basarnas Jatim Berhasil Evakuasi Kapal Berbendera Finlandia Ke Pelabuhan Kalianget

👤Mohammad Ghazi 🕔Senin 30 Januari 2023, 17:41 WIB
TIM Basarnas Jawa Timur, berhasil mengevakuasi kapal pesiar (yacht) Canace ke Pelabuhan Kalianget di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya