Jumat 25 November 2022, 23:13 WIB

Gubernur Sebut Bendungan Kuwil Kawangkoan Kendalikan Banjir di Manado

Voucke Lontaan | Nusantara
Gubernur Sebut Bendungan Kuwil Kawangkoan Kendalikan Banjir di Manado

Ist
Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, yang salah satunya bermanfaat untuk pengendalian banjir Kota Manado.

 

GUBERNUR Sulawesi Utara Olly Dondokambey saat pengisian awal Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, mengatakan bendungan tersebut dapat mengendalikan banjir di Kota Manado.

"Banjir besar di Kota Manado terjadi pada tahun 2014, karena itu mudah-mudahan manfaat Bendungan Kuwil dapat segera dirasakan warga, khususnya dalam pengendalian banjir," kata Gubernur Olly di Minahasa Utara, Jumat (25/11).

Ia mengatakan pengisian awal bendungan atau impounding merupakan tahap awal penyelesaian bendungan dan menandai mulai beroperasinya bendungan tersebut.

"Terima kasih kepada Pak Presiden Joko Widodo yang begitu perhatian sehingga proses pembangunan bendungan ini lebih cepat dalam kurun waktu lima tahun. Terima kasih juga kepada Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, impounding ini menandai kesiapan bendungan beroperasi,"
katanya.

Gubernur ke-12 Sulut tersebut juga memberikan penghargaan kepada pemerintah desa dan masyarakat di sekitar bendungan karena sudah
ikut berpartisipasi dalam pembangunan bendungan.


Baca juga: Kesultanan Tidore Dukung Usulan Ramses Ohee Jadi Pahlawan Nasional

 
Menurut Olly, dengan beroperasinya bendungan ini membuat masyarakat di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut merasa lebih nyaman dan aman karena salah satu fungsi bendungan tersebut adalah untuk mengendalikan banjir.

Manfaat lain dari Bendungan Kuwil adalah dapat menampung 23 juta meter kubik air serta berfungsi untuk penyediaan air baku, potensi pengembangan energi listrik, serta menjadi destinasi wisata.

Bendungan Kuwil Kawangkoan memanfaatkan air yang mengalir di Sungai Tondano, di bagian hulu sungai tersebut terdapat juga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Tonsea Lama, Tanggari I, dan Tanggari II.

"Ketiga PLTA ini mampu menyokong ketersediaan listrik di daerah sebesar 65 megawatt," ujar Gubernur.

Karena itu, lanjut dia, aliran air di Sungai Tondano ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menopang kesejahteraan hidup
masyarakat karena salah satu manfaat dari bendungan ini adalah menyediakan air baku untuk Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Bitung. (Ant/OL-16)

Baca Juga

DOK.MI

Tim SAR Konawe Utara Cari Kakak Adik Terseret Arus di Sungai Lasolo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:55 WIB
Usai menerima laporan tersebut, pihaknya memberangkatkan tim penyelamat Unit Siaga SAR Konawe Utara untuk mencari...
DOK MI

Kematian Tersangka Kasus Perampokan, Empat Anggota Polres Tapsel Jalani Pemeriksaan

👤Widhoroso 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:38 WIB
EMPAT anggota kepolisian yang bertugas di Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara dinonaktifkan terkait kasus penganiayaan...
MI/ALEXANDER P TAUM

Lembaga Pemasyarakatan Lembata Juara Satu Kompetisi Seni Tingkat Nasional

👤Alexander P Taum 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:35 WIB
Perlombaan seni pertunjukan antar LP se Indonesia itu digelar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya