Jumat 18 November 2022, 22:30 WIB

Enam Daerah di Jawa Barat sudah Bebas BABS

Bayu Anggoro | Nusantara
Enam Daerah di Jawa Barat sudah Bebas BABS

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/
Sejumlah ibu mengikuti sosialiasi jangan buang air besar sembarangan di Tasikmalaya, Jawa Barat

 

ENAM daerah di Jawa Barat dinyatakan sudah bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Keenam daerah itu, yakni Kabupaten Bandung Barat (KBB), Subang, Kota Sukabumi, Bandung, Garut dan Kota Depok.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga, Dinas Kesehatan Jabar Yuntina Erdani mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan jumlah daerah BABS.  Hal itu dilakukan untuk mendukung Jabar bebas BABS tahun 2023.

"Pekerjaan rumah kita masih banyak, masih ada 21 kabupaten/kota yang masyarakatnya belum terbesar BABS," kata Yuntina di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Bandung, Jumat (18/11).

Adapun upaya yang dilakukan, yakni dengan mengedukasi dan mengubah perilaku masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan. Setelah berhasil nantinya, Dinkes akan berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) di kabupaten/kota untuk membantu membangun sarana dan prasarana masyarakat.

"Kita memicu perubahan perilaku masyarakat agar tidak BABS. Nanti Dinas Perumahan dan Permukiman akan menindaklanjuti dengan membangun saran fisik, misalnya membuat toilet di setiap rumah," tamahnya.

Sementara itu, Fungsional Ahli Madya Tata Bangunan dan Perumahan Disperkim Jabar Lucky Sumanang mengatakan, perlu kerja sama seluruh stakeholder terkait agar membantu Jabar bebas dari BABS di 2023.

Pemerintah memiliki sistem kewenangan masuk ke seluruh Pemda agar bisa membina langsung masyarakat. "Pemerintah punya pendekatan, paling tidak kita mengedukasi masyarakat dan menyediakan pelayanan dasar, seperti septic tank," kata dia. (N-2)

Baca Juga

MGN/Fransiskus Gerardus Molo

Ratusan Nakes RSUD Larantuka Mogok Kerja Tuntut Pembayaran Dana Covid

👤Fransiskus Gerardus Molo (MGN), Muklis efendi (SB) 🕔Rabu 30 November 2022, 13:55 WIB
RATUSAN tenaga kesehatan (nakes) yang terdiri dari dokter dan perawat RSUD dr. Hendrikus Fernandez Larantuka Nusa Tenggara Timur melakukan...
dok.humas pemprov jateng

Ganjar - MUI Kolaborasi Wujudkan Generasi Muda Anti Narkoba.

👤Haryanto 🕔Rabu 30 November 2022, 13:40 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, membuka rapat koordinasi nasional gerakan anti narkoba yang diadakan Majelis Ulama Indonesia...
dok.humas

Asah Komunikasi Publik, Pegawai Bapelitbang Sikka Ikuti Pelatihan Jurnalistik

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 30 November 2022, 13:30 WIB
BADAN Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Sikka, NTT menggelar pelatihan jurnalistik bagi seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya