Kamis 17 November 2022, 13:08 WIB

Gali Potensi Pariwisata, Kalsel Gelar Jelajak Geopark Meratus

Mediaindonesia.com | Nusantara
Gali Potensi Pariwisata, Kalsel Gelar Jelajak Geopark Meratus

Dok. Pemprov Kalsel
Pelepasan Jelajah Geopark Meratus di Kalsel

 

GEOPARK Pegunungan Meratus adalah sebuah bentang alam di Kalimantan Selatan yang berstatus geopark nasional dan memiliki 67 geosite yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Bentang alam ini banyak menyimpan potensi-potensi pariwisata yang belum terkembangkan. 

Potensi-potensi wisata di bentang alam Geopark Meratus tersebut bisa menjadi destinasi-destinasi wisata unggulan Kalimantan Selatan dan bisa menjadi unique selling point tersendiri dengan keanekaragaman jenis wisatanya.

Melihat Potensi itu, Dinas Pariwisata Kalsel menggelar program Jelajah Geopark Meratus yang ditujukan untuk menggali semua keunikan dan potensi titik destinasi-destinasi pariwisata disepanjang landscape Geopark Meratus, 

Baca juga : Mocaf Tingkatkan Pendapatan Petani Singkong Binaan Desa Sejahtera Astra

"Kami berharap hasilnya bisa menjadi sumber Informasi dan acuan melalui Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan untuk para pelaku usaha dibidang biro perjalanan wisata dan tour operator domestik dalam membuat paket perjalanan wisata yang bertema menjelajahi destinasi  pariwisata disepanjang landscape geopark meratus,' ujar M Syarifuddin, Kadis Pariwisata Kalsel 

Syarifudin mengungkapkan, bentang alam pegunungan meratus banyak menghadirkan wisata alam yang sangat eksotis. Mulai dari asyiknya menyusuri sungai amandit Loksado dengan menggunakan perahu bambu atau biasa disebut lanting sambil menghirup udara segar yang dihasilkan oleh hutan hujan tropis di sepanjang sungai Amandit sampai menikmati Indahnya negeri diatas awan saat fajar menyingsing di cakrawala Kawasan Puncak Mandiangin Tahura Sultan Adam. 

“Dengan dilaksanakannya program Jelajah Geopark Meratus ini, kami ingin memberi gambaran lengkap tentang bagaimana Indahnya bentang alam geopark meratus yang dipenuhi dengan potensi-potensi destinasi pariwisata yang eksotis," kata Muhammad Helmi, CEO Shafwah Group (Shafwah Holidays) dan Salah satu Inisiator dari program Jelajah Geopark Meratus. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara

Distribusi Air Bersih Pengungsi Cianjur Dijamin Terpenuhi

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 02 Desember 2022, 23:48 WIB
Selain permakanan, kebutuhan dasar air bersih juga menjadi hal yang paling...
MI/NAVIANDRI

Rufous Events Hadirkan Bazar Bernuansa Natal di Pullman Bandung

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:20 WIB
Rufous menghadirkan 40 tenan, mulai dari kuliner hingga...
MI/NAVIANDRI

Try Out CASN Juara Semakin Diminati Peserta Seleksi Calon ASN

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:05 WIB
Pemprov Jabar akan membuka lowongan formasi untuk tenaga teknis lainnya dengan 5...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya