Selasa 15 November 2022, 23:12 WIB

Petugas Damkar Kota Cirebon Tuntut Masuk Formasi PPPK

Nurul Hidayah | Nusantara
Petugas Damkar Kota Cirebon Tuntut Masuk Formasi PPPK

DOK MI
Ilustrasi

 

RATUSAN petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kota Cirebon, Jawa Barat melakukan aksi unjuk di Kantor Wali Kota Cirebon, Selasa (15/11). Mereka menuntut dimasukkan ke formasi penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dalam aksinya, ratusan petugas damkar ini membawa 3 mobil pemadam kebakaran yang biasa digunakan dalam bertugas. Terlebih dahulu ratusan tenaga damkar tersebut melakukan audiensi dengan Asisten Administrasi Umum, Mohammad Arif Kurniawan didampingi oleh Kepala DInas Pemadam Kebakaran, Adam Nurudin dan Kepala Bidang (Kabid) pengadaan, pemberhentian, mutasi dan promosi, BKPSDM Kota Cirebon Nopan Maradona Isyahara.

Komandan Pos Damkar Bima, Akhirudin, menjelaskan kedatangan mereka untuk mempertanyakan mengapa untuk seleksi 402 PPPK tidak mencantumkan tenaga teknis pemadam kebakaran. "Adanya hanya guru dan tenaga kesehatan," tutur Akhirudin. 

Padahal, jelasnya, petugas damkar ada sudah bertahun-tahun mengabdi namun hingga kini tak kunjung diangkat menjadi tenaga PPPK. Dijelaskan Akhirudin, semua tenaga damkar di lapangan berstatus honorer dengan honor yang diterima setiap bulannya masih di bawah UMK Kota Cirebon. "Untuk tunjangan kami hanya mendapatkan asuransi kesehatan BPJS," jelasnya. 

Akhirudin mengaku sebagian besar tenaga damkar rata-rata sudah bekerja 10 hingga 15 tahun dan sebanyak 160 orang dari mereka sudah bersertifikat pemadam kebakaran satu atau setara dengan jabatan fungsional tenaga pemadam pemula.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis menjelaskan pihaknya akan berupaya maksimal untuk memenuhi harapan petugas damkar di Kota Cirebon. "Yang penting saya minta kepada Kepala Dinas untuk terus berupaya meningkatkan kualitas petugas damkar di kota Cirebon," tutur Azis. (OL-15)

Baca Juga

Dok. Kemenkominfo

Begini Cara Unik Grup Komedi Empat Sekawan Sosialisasikan UU KUHP ke Masyarakat Serang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 14:43 WIB
“Kita harus bangga karena pada akhirnya, bangsa Indonesia berhasil merampungkan penyusunan RKHUP menjadi KUHP,” ungkap Nurul...
Dok. Politeknik Pelayaran Banten

Politeknik Pelayaran Banten Gelar Penyluhan Keselamatan Pelayaran Bagi Nelayan di Kabupaten Tangerang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 14:15 WIB
Penyuluhan dan pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para nelayan Dan ABK dalam beraktivitas di laut guna...
Ist

Wakil Ketua DPD Golkar Sultra Rusmin Abdul Gani Terpilih Jadi Ketua AMPI Sultra

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 13:55 WIB
Musda IX AMPI yang dihadiri perwakilan dari 17 kabupaten dan kota DPD AMPI se-Sultra secara aklamasi memilih Rusmin Abdul Gani sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya