Selasa 15 November 2022, 08:00 WIB

Senyum Petani Bunga Potong di Cianjur Merekah Kembali

Mediaindonesia.com | Nusantara
Senyum Petani Bunga Potong di Cianjur Merekah Kembali

Dok. Prestisa
Ilustrasi bunga segar yang dijajakan florist.

 

Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Cianjur mencatat angka penjualan bunga potong jenis krisan di Cianjur utara meningkat dibandingkan dengan selama pandemi covid-19 yang terpuruk, dengan angka penjualan per hari saat ini bisa Rp15 juta.

Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan Cianjur Wahyu Hidayat di Cianjur, Jawa Barat, Senin (14/11), mengatakan perputaran ekonomi di berbagai wilayah di Cianjur kembali menggeliat terutama untuk tanaman hias berupa bunga potong yang dibudidayakan petani di wilayah utara, seperti Pacet, Cipanas, dan Sukaresmi.

"Rata-rata petani bunga di wilayah utara dapat meraup keuntungan hingga puluhan juta per bulan dengan tingginya pesanan bunga potong dari berbagai wilayah mulai Jabodetabek hingga Pulau Sumatra serta pasar bunga di Bandung dan Jakarta," katanya.

Penjualan bunga asal Cianjur, ungkap dia, setelah pandemi melandai terbuka luas karena petani sudah terbiasa menawarkan hasil budi dayanya melalui pasar dalam jaringan, sehingga kentungan yang didapatkan cukup tinggi. Berbagai program untuk membantu petani dilakukan pihaknya.

"Pembinaan dan pendampingan termasuk mengikutsertakan petani tanaman hias dalam berbagai pameran tingkat lokal, regional hingga nasional kerap kita lakukan, sehingga kualitas dan kuantitas tanaman hias asal Cianjur menjadi idola dan dicari di setiap pameran," katanya.

Kalangan petani bunga di Kecamatan Cipanas mengatakan setelah sempat terpuruk selama pandemi bisnis bunga hias kembali menggeliat dan menjanjikan. Setiap bulan mereka mendapat pesanan dari berbagai wilayah di Nusantara selain dari Jabodetabek dan Bandung.

Petani bunga hias asal di Kampung Bengkok, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cipanas, Eken Suhendar (46), mengatakan selain bunga hias potong, petani di wilayah tersebut kembali mengembangkan bonsai hias yang banyak diburu pencinta bunga diberbagai kota di Indonesia yang ditawarkan mulai dari Rp1 juta hingga puluhan juta rupiah.

"Untuk bunga hias potong per hari, kami mendapat pesanan paling sedikit 500 potong jenis krisan super dan standar. Kalau bonsai bisa terjual lima pot, sehingga keuntungan berkisar antara Rp5 juta sampai Rp15 juta per hari. Kalau akhir pekan bisa dua kali lipat karena pembeli datang langsung," katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist

Relawan Puan Gelar Beragam Kegiatan di Parepare dan Barru, Sulsel

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 14:58 WIB
Rangkaian kegiatan dimulai di Kota Parepare dengan pembagian 150 karung beras berukuran lima kilogram untuk warga kurang mampu di...
MI/HO

Laju Delman di Kuningan Meriahkan Dukungan untuk Ganjar

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 14:05 WIB
Perwakilan DPW Jawa Barat, Kamila, menyebut Delman tetap menjadi transportasi favorit di Kabupaten Kuningan karena menjadi simbol kota...
MI/Moh Irfan.

30 Ribu Warga Riau Tunggu Kedatangan Anies Baswedan Besok

👤Fitra Asrirama 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 13:08 WIB
Sekitar 30 ribu warga menunggu kedatangan Anies Baswedan di Provinsi Riau. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut bakal calon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya