Jumat 04 November 2022, 07:35 WIB

Ganjar Buka Porsadin Jateng Ajang Gali Potensi Olahraga dan Seni Santri

Jamaah | Nusantara
Ganjar Buka Porsadin Jateng Ajang Gali Potensi Olahraga dan Seni Santri

MI/Jamaah
Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) VI tingkat Jawa Tengah, yang digelar di Alun-alun, Kudus, Kamis (3/11/2022).

 

PEKAN Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) VI Jawa Tengah digelar di Alun-alun Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pembukaan ajang para santri tersebut berlangsung secara meriah pada Kamis (3/11/2022) malam. Pembukaan dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Dalam pembukaan tersebut Ganjar berharap dari perhelatan itu menjadi ajang unjuk gigi dan memunculkan bakat-bakat para santri dan siswa Madrasah Diniyah untuk disiapkan dalam event yang lebih besar.

"Kita harapkan ini menjadi ajang untuk kita bisa tahu anak-anak kita para santri yang tidak hanya pintar mengaji karena dia punya talenta-talenta yang lain. Mudah-mudahan bakat seninya dan olahraganya kelihatan di sini," kata Ganjar usai membuka Porsadin VI tingkat Jawa Tengah.

Anak-anak yang berprestasi dan memiliki bakat dan potensi besar dalam bidang olahraga dan seni itu kemudian harus dicatat. Mereka harus dikembangkan dan disiapkan agar kelak dapat menjadi wakil dari Jawa Tengah maupun Indonesia di ajang seni atau olahraga tingkat nasional dan
internasional.

"Maka saya minta para ustadz dan ustadzahnya, para pendamping, guru, dan para pengasuhnya untuk mencatat, mereka yang punya bakat-bakat hebat itu kembangkan. Nanti keluarkan ke arena-arena yang terbuka maka saya bilang ikutkan PON. Kalau memang dia bagus, ikutkan Sea Games, Asian Games, sampai olimpiade. Sehingga mereka akan bisa optimal betul dari bakat-bakat yang ada," ungkap Ganjar.

Sementara Bupati Kudus Hartopo mengungkapkan kebangaannya bisa menjadi tuan rumah Porsadin tingkat Jawa Tengah. Dikatakan Hartopo, talenta-talenta santri muda Kabupaten Kudus siap berlaga di berbagai cabor. Bupati berharap acara dapat berjalan sukses dan lancar, tentunya tahun ini Kabupaten Kudus bisa merebut kembali gelar juara umum yang sebelumnya diraih pada tahun 2015 silam.

"Dulu Kudus pernah meraih juara umum saat diadakan di Rembang pada 2015 lalu. Semoga prestasi ini bisa kita raih kemnali. Kami optimis Kabupaten Kudus juara umum Porsadin VI Jateng," ungkapnya.

Porsadin VI tingkat Jawa Tengah ini termasuk perhelatan yang digelar paling meriah jika dibandingkan dengan event yang sama pada tahun-tahun sebelumnya. Event dua tahunan itu sendiri diikuti oleh kontingen dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Mereka merupakan perwakilan dari cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) dari masing-masing daerah.

Porsadin VI Jawa Tengah digelar pada tanggal 3-5 November. Cabang olahraga yang dilombakan antara lain tenis meja, bulu tangkis, catur dan lari. Sementara bidang seni melombakan MTQ, pidato, cerdas cermat diniyah, Tahfidz juz Amma, MQK Safinatun Najah, Murottal wa Imla, kaligrafi, puisi Islami, serta pidato bahasa Arab dan Indonesia.

Pelaksanaan Porsadin VI tersebar di berbagai tempat seperti pendopo kabupaten Kudus, GOR Wergu Wetan, SMA Al-Ma'ruf Kudus dan beberapa tempat lainnya. Selama perhelatan juga ada pameran UMKM di halaman pendopo Kabupaten Kudus. (OL-13)

Baca Juga: Kementan Lepaskan Burung Cucak Hijau di Hutan Juwata Krikil

Baca Juga

ANTARA/Jojon

7.302 Nakes di Palembang sudah Divaksinasi Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 7.303 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palembang per 6  Desember sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kedua...
DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...
MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya