Sabtu 29 Oktober 2022, 07:51 WIB

Anggota DPR Ajak Pemuda Kalteng Tingkatkan Kepedulian Bantu Korban Bencana

Mediaindonesia.com | Nusantara
Anggota DPR Ajak Pemuda Kalteng Tingkatkan Kepedulian Bantu Korban Bencana

Dok. InfoPublik
Anggota DPR Agustiar Sabran

 

ANGGOTA DPR RI Agustiar Sabran mengatakan, momentum Hari Sumpah Pemuda 2022 harus dimaknai dengan baik oleh para generasi penerus bangsa, termasuk meningkatkan kepedulian dengan membantu korban banjir yang terjadi di sejumlah daerah, termasuk di Kalimantan Tengah.

"Pada momentum Hari Sumpah Pemuda seperti sekarang ini, saya harapkan pemuda di Kalteng meningkatkan kepedulian, salah satunya ikut terlibat penanganan bencana banjir yang melanda sejumlah daerah dan mengakibatkan banyak masyarakat yang terdampak," katanya/

Agustiar yang menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng itu menuturkan semangat Sumpah Pemuda yang terjadi pada 94 tahun silam harus tetap ada pada saat ini untuk menghadapi dunia penuh dengan tantangan.

Ia mengatakan jangan sampai pemuda dan pemudi di provinsi itu hanya menjadi penonton jika sesama masyarakat mengalami kesulitan dan musibah.

"Kami saat ini sudah melakukannya setiap saat dengan turun langsung memastikan kondisi masyarakat yang terdampak banjir. Tidak hanya omongan saja, namun bukti nyata dan memberikan kebutuhan masyarakat yang diperlukan saat ini," ucap anggota Komisi III DPR RI itu.

Kakak Kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu menegaskan semangat Sumpah Pemuda harus terus menyala menghadapi dunia yang berubah dengan cepat.

Baca juga : BBKSDA Riau Lepasliarkan Macan Akar Diselamatkan Warga

Dalam arus besar globalisasi dengan persaingan yang sengit, katanya, Sumpah Pemuda justru membawa energi positif yang menyatukan. Persaingan dan perbedaan tidak harus membuat masyarakat melupakan masalah, kepentingan, dan tujuan bersama.

Dia mengatakan dengan semangat persatuan, kerja sama, dan gotong royong maka akan menjadi kunci untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. Menjadi warga negara Indonesia tidak cukup hanya dengan menjadi bagian dari wilayah Indonesia. 

"Tetapi harus bekerja sama, meningkatkan solidaritas, rasa persaudaraan, dan saling membantu satu sama lain dalam semangat solidaritas," ungkapnya.

Agustiar menambahkan ,persatuan harus terus diperjuangkan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi, menjaga keutuhan, dan kedaulatan NKRI dalam bingkai 'Huma Betang'.

"Momentum Hari Sumpah Pemuda harus menjadikan inspirasi bagi semua, khususnya generasi muda agar tampil sebagai garda terdepan untuk membantu masyarakat yang mengalami kesulitan," ujar Agustiar. (Ant/OL-7)

Baca Juga

Medcom

Kasus DBD Mulai Muncul, Warga Kota Kupang Diminta Waspada

👤Palce Amalo 🕔Rabu 30 November 2022, 18:20 WIB
DEMAM Berdarah Dengue (DBD) mulai menyerang warga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Rabu...
ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Pemkab Tangerang Salurkan bantuan untuk Cianjur Rp1 Miliar

👤Sumantri 🕔Rabu 30 November 2022, 18:19 WIB
Bantuan tersebut langsung ditransfer melalui kas daerah Kabupaten Tangerang ke kas daerah Kabupaten Cianjur Jawa...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Penyaluran Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur Tidak Merata

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 30 November 2022, 18:15 WIB
Hal itu disebabkan banyak bantuan yang tidak disalurkan melalui posko terpadu yang telah disediakan oleh pemerintah daerah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya