Rabu 12 Oktober 2022, 17:16 WIB

Perajin Tempe Tahu di Cimahi Diimbau Tidak Mogok Produksi

Depi Gunawan | Nusantara
Perajin Tempe Tahu di Cimahi Diimbau Tidak Mogok Produksi

DOK MI
Perajin tahu tempe.

 

KOPERASI Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (Kopti) Kota Cimahi, Jawa Barat mengimbau para perajin tetap menjalankan produksi dan tidak terpengaruh dengan ajakan mogok dari Paguyuban Tahu dan Tempe Jawa Barat.

"Ya, diimbau untuk tidak mogok produksi karena kan subsidi kedelai sudah turun," kata Ketua Kopti Kota Cimahi, Kusnanto, Rabu (12/10).

Dia menyatakan, saat ini harga kedelai sudah turun di Rp12.250 per kilogram seiring diberikannya subsidi dari pemerintah. Harga ini lebih murah seribu rupiah dibandingkan harga pasaran.

Lebih jauh, pihaknya bukannya tidak peduli dengan tingginya harga kedelai dalam sebulan terakhir. Tetapi untuk aksi mogok produksi kali ini dirinya tidak akan berpartisipasi.

"Kami tak menampik harga kedelai melambung tinggi dalam sebulan terakhir, yang menyebabkan para perajin tahu dan tempe berada dalam situasi sulit," ujarnya.

Ke depannya, Kopti meminta pemerintah menunjuk Perum Bulog untuk memegang dalam penyediaan kedelai di tanah air agar harganya bisa dikendalikan pemerintah. "Jadi Bulog harus turun lagi, kuasai lagi sembako termasuk kedelai ini seperti dulu," tuturnya.

Sebelumnya, beredar edaran dari Paguyuban Tahu dan Tempe Jawa Barat yang sepakat melaksanakan aksi mogok produksi tahu dan tempe selama tiga hari sejak Senin (17/10). "Rencana mogok produksi yang akan dilaksanakan selama tiga hari sejak 17 Oktober," kata Ketua Paguyuban Tahu Tempe Jawa Barat, M Zamaludin dalam keterangan tertulis. (OL-15)

 

Baca Juga

dok.Ist

PAPDESI Gelar Musyawarah Daerah di Kabupaten Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 08:30 WIB
PERKUMPULAN Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) menggelar kegiatan Musyawarah Daerah bersama ratusan kepala daerah di...
MI/HO

Tanggani Inflasi, Pemkab Mubar Bakal Gelar Pasar Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:55 WIB
PEMKAB Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara terus melakukan terobosan dalam penanganan inflasi daerah di awal 2023. Salah satunya ialah...
dok.mi

Mantan Anggota DPRD Manggarai Timur Diduga Cabuli Balita

👤Yohanes Manasye 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:25 WIB
ANAK di bawah usia 5 tahun (Balita) di Kabupaten Manggarai Timur, NTT mengadu kepada orang tuanya telah mengalami pencabulan. Terduga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya