Rabu 05 Oktober 2022, 17:53 WIB

Hujan Deras Picu Longsor di Bandung Barat

Depi Gunawan | Nusantara
Hujan Deras Picu Longsor di Bandung Barat

ANTARA/Raisan Al Farisi
Petugas berada di lokasi longsornya pemakaman di TPU Sirnaraga, Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/10).

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat menyampaikan, bencana longsor terjadi di sejumlah wilayah akibat dipicu hujan deras.

Jalan penghubung antara Desa Rancasenggang dengan Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta tepatnya di Kampung Pasir Tanjung RT 03 RW 05 Desa Rancasengang terputus sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

"Kejadiannya Selasa (4/9) sekitar pukul 19.00 WIB. Hujan deras membuat saluran air meluap sehingga terjadi longsor," kata Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo, di Padalarang, Jawa Barat, Rabu (5/9).

Pengguna kendaraan diimbau mencari jalur alternatif lain untuk menghindari titik longsor, sebab saat ini jalur tidak aman dilalui kendaraan karena hujan masih berpotensi turun di wilayah itu. BPBD telah memasang rambu-rambu peringatan agar warga lebih waspada.

"Untuk sementara kami imbau warga tidak melintas jalan tersebut karena dikhawatirkan terjadi longsor susulan," ucap Duddy.

Dia menyatakan, saat peristiwa longsor terjadi, tidak ada pengguna kendaraan yang melintasi jalan tersebut sehingga dimungkinkan tidak ada
korban jiwa pada peristiwa bencana ini.

Bencana longsor juga dilaporkan di Kampung Tutugan RT 02 RW 04, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, yang dipicu hujan deras sejak Selasa siang.

"Hujan deras memicu terjadinya tanah longsor sepanjang 10 meter x 1,5 meter yang mengupas sebagian tembok penahan tanah (TPT) dan tembok rumah warga," ujarnya.

Ia mengungkapkan, hujan lebat terjadi sejak pukul 12.30 WIB berlangsung selama hampir satu jam. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sedangkan kerugian masih dalam perhitungan.

"Saluran drainase yang sempit membuat air meluap ke permukaan. Mengikis tanah yang labil hingga akhirnya menghantam TPT dan tembok rumah warga," ungkapnya. (OL-16)

 

Baca Juga

DOK/Aston Pasteur Bandung

Kolaborasi Aston Pasteur dan Kelas Garasi Hadirkan Workshop Fotografi Makanan

👤Media Indonesia 🕔Minggu 04 Desember 2022, 12:35 WIB
. Food photography saat ini bukan hanya sekadar mengambil foto tentang makanan tetapi mirip dengan gaya foto yang modern karena menerapkan...
Ist

Hero Group Berikan Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi di Cianjur 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 12:17 WIB
Pelepasan donasi dilakukan langsung oleh perwakilan manajemen PT Hero Supermarket...
dok.ist

PT Jasaraharja Putera Giat Aksi Kemanusiaan untuk Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:57 WIB
PT Jasaraharja Putera melakukan aksi kemanusiaan kepada para korban gempa bumi di Cianjur, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya