Minggu 25 September 2022, 16:05 WIB

17 Desa Terdampak Banjir dan Longsor di Kabupaten Garut

Mediaindonesia.com | Nusantara
17 Desa Terdampak Banjir dan Longsor di Kabupaten Garut

BPBD Garut.
Jalan alternatif Girimukti menghubungkan Kecamatan Singajaya menuju Kecamatan Cihurip terputus sepanjang 100 meter.

 

SEBANYAK 17 desa terdampak banjir dan tanah longsor di lima kecamatan di Kabupaten Garut. Desa yang terdampak banjir longsor di Kecamatan Pameungpeuk yaitu Pameungpeuk, Paas, Mandalakasih, Sirnabakti, dan Bojong Kidul.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari memaparkan hal itu. Berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Sabtu (24/9) malam, kata Abdul, dalam siaran pers yang diterima pada Minggu (25/9) dini hari, musibah itu juga menimpa Desa Jayabakti di Kecamatan Banjarwangi serta Desa Sukamukti dan Desa Sukanagara di Kecamatan Cisompet.

Selanjutnya Desa Singajaya, Desa Karangagung, Desa Girimukti, Desa Pancasura, dan Desa Sukamulya terdampak bencana itu di Kecamatan Singajaya. Terakhir, dampak kejadian itu di Kecamatan Cibalong meliputi Desa Mekarwangi, Desa Mekarsari, Desa Simpang, dan Desa Mekarmukti. 

Laporan terakhir menyatakan, kondisi sejumlah desa yang terdampak saat ini tidak ada lagi genangan air. Tim gabungan bersama masyarakat juga mulai membersihkan lumpur dan material yang terbawa banjir serta tanah longsor.

Banjir dan tanah longsor yang terjadi di Garut, Jawa Barat, Kamis (22/9), merenggut korban jiwa satu orang dan sebanyak 1.672 keluarga atau 4.876 orang terkena dampaknya. Sebanyak delapan rumah dilaporkan rusak berat, empat rusak sedang, empat rumah rusak ringan, 1.628 rumah terdampak, tujuh tempat ibadah terdampak, lima jembatan rusak, empat jalan rusak, dan tiga tembok penahan tanah (TPT) turut terdampak. 

Abdul mengimbau masyarakat di kawasan tersebut untuk tidak panik tetapi meningkatkan kewaspadaan. Warga penting untuk waspada, khususnya bagi mereka yang tinggal di lokasi pegunungan atau yang berdekatan dengan lereng tebing dan bantaran sungai. Berdasarkan informasi prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Kabupaten Garut masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang sampai Minggu (25/9). (Ant/OL-14)

Baca Juga

DOK.MI

Tim SAR Konawe Utara Cari Kakak Adik Terseret Arus di Sungai Lasolo

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:55 WIB
Usai menerima laporan tersebut, pihaknya memberangkatkan tim penyelamat Unit Siaga SAR Konawe Utara untuk mencari...
DOK MI

Kematian Tersangka Kasus Perampokan, Empat Anggota Polres Tapsel Jalani Pemeriksaan

👤Widhoroso 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:38 WIB
EMPAT anggota kepolisian yang bertugas di Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara dinonaktifkan terkait kasus penganiayaan...
MI/ALEXANDER P TAUM

Lembaga Pemasyarakatan Lembata Juara Satu Kompetisi Seni Tingkat Nasional

👤Alexander P Taum 🕔Kamis 08 Desember 2022, 23:35 WIB
Perlombaan seni pertunjukan antar LP se Indonesia itu digelar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya