Jumat 23 September 2022, 10:35 WIB

Pemda Sigi Ajukan Bantuan ke Kemensos untuk Korban Bencana

Mitha Meinansi | Nusantara
Pemda Sigi Ajukan Bantuan ke Kemensos untuk Korban Bencana

MI/Mitha Meinansi
Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, bersama Kadis Sosial Sigi di Kantor Kemensos RI, Kamis (22/9).

 

PELAKSANA tugas (Plt) Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Robben Rico, bersama Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial RI, Iyan Kusmadiana, memberikan respon yang sangat baik terhadap permohonan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Permohonan bantuan dalam bentuk proposal yang ditujukan kepada Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, diserahkan Wakil Bupati Sigi, Samuel Yansen Pongi, bersama Kadis Sosial Sigi di Kantor Kemensos RI, Kamis (22/9).

"Alhamdulillah sudah sampai ke tangan Kementerian Sosial. Harapannya segera ditindaklanjuti dan dilaporkan kepada ibu Menteri Sosial RI, semoga dapat direalisasikan," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Ariyanto, Jumat (23/9).

Dalam pertemuan itu, Wabup Sigi menyerahkan ucapan terima kasih dalam bentuk tertulis, kepada Kementrian Sosial RI yang telah memberikan perhatian dan mengunjungi, serta memberikan bantuan langsung di lokasi bencana banjir, yang mengakibatkan terputusnya jalan raya sebagai jalur
utama transportasi Palu - Kulawi, di kecamatan Gumbasa, kabupaten Sigi, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu juga, Wakil Bupati Sigi menyerahkan proposal permohonan bantuan Perahu Fiberglass, yang nantinya akan digunakan di Danau Lindu sebagai alat transportasi masyarakat kecamatan Lindu, khususnya bagi yang sakit, hamil dan meninggal dunia.

Wabup Sigi juga mengkoordinasikan bantuan rumah layak huni bagi masyarakat yang tinggal dirumah yang belum layak di kabupaten Sigi. Dia akan segera mengumpulkan data, dan sesegera mungkin menyerahkan permohonan tertulis untuk mendapat respon sesuai harapan, dengan tujuan untuk membantu masyarakat.

Menurut Direktur PSKBA, terkait rumah layak huni,  ada alokasi bantuan dalam program 'Rumah Sejahtera Terpadu' yang merupakan bantuan rumah bagi masyarakat yang memiliki rumah hunian belum layak. Sehingga ada peluang yang dapat diberikan, agar masyarakat di kabupaten Sigi dapat
tersentuh dengan program tersebut.

Hal lainnya yang menjadi penyampaian Wakil Bupati dan Kadis Sosial Sigi dalam pertemuan dengan pihak Kemensos, adalah penjelasan bahwa begitu banyak Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang potensial di kabupaten Sigi, yang bisa dikembangkan dengan baik.

Sebagian diantaranya, dapat diakomodir oleh Pemda Kabupaten Sigi melalui Dinas Sosial, tetapi masih banyak lainnya yang membutuhkan. Sehingga diperlukan bantuan program dari pemerintah pusat untuk menyentuh dan mengakomodir mereka. (OL-13)

Baca Juga: Rumah Amal USK Saluran Rp1,3 Miliar Beasiswa kepada 520 Mahasiswa

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Begini Kronologi Insiden di Kanjuruhan Versi Aremania Korwil Bantur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:21 WIB
Setelah terjadi aksi dari dua suporter tersebut, kemudian memicu pendukung lainnya untuk memasuki area...
ANTARA/HO/POLRES TAPUT

Bantuan Kemanusiaan Mengalir ke Wilayah Terdampak Gempa di Taput

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:00 WIB
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, pihaknya telah menyalurkan ratusan paket bantuan kemanusiaan ke Tapanuli Utara...
MI/Januari Hutabarat

BNPB Sebut 962 Rumah Rusak Akibat Gempa Tapanuli Utara

👤Januari Hutabarat 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:51 WIB
BNPB juga mengirimkan personel guna dukungan kaji cepat dan akan memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) yang akan diserahkan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya