Jumat 20 Mei 2022, 17:46 WIB

Korban Banjir Parigi Moutong Butuh Bantuan

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Korban Banjir Parigi Moutong Butuh Bantuan

Medcom
Ilustrasi

 

RATUSAN kepala keluarga yang terdampak banjir di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, berharap bantuan logistik khususnya makanan dan minuman.

Salah satu warga Dusun 1, Desa Olaya, Kecamatan Parigi, Ahmad Zaini mengatakan, ketersedian makanan dan minuman warga yang terdampak banjir sudah menipis. Karena itu mereka berharap adanya bantuan dari pemerintah.  "Sebagian besar warga yang terdampak banjir di sini bertahan dengan sisa makanan dan minuman seadanya,” terangnya saat dihubungi Media Indonesia dari Palu, Jumat (20/5).

Menurut Ahmad, obat-obatan juga dibutuhkan warga, karena pascabanjir ada warga yang mengeluh terserang penyakit diare. "Termasuk kebutuhan bayi seperti susu, pampers, susu, dan kebutuhan ibu hamil," imbuhnya.

Banjir yang terjadi pada Kamis (19/5) malam sekitar pukul 19.00 WITA di Parigi Moutong merendam tiga desa. Di antaranya Dusun 1 dan 4, Desa Olaya, Kecamatan Parigi, Dusun 2 dan 3, Desa Kayuboko, dan Desa Air Panas, Kecamatan Parigi Barat.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong, banjir disertai material lumpur dipicu hujan deras  mengguyur wilayah tersebut, sehingga mengakibatkan tanggul jebol. “Akibatnya air meluap hingga menggenangi pemukiman warga,” kata Kepala BPBD Parigi Moutong, Amiruddin.

Menurutnya, 236 kepala keluarga terdampak banjir tersebut. "Tidak ada korban jiwa. Laporan terakhir ada dua rumah mengalami rusak ringan dan satu rumah rusak sedang," kata Amiruddin.

Saat ini sejumlah warga yang terdampak banjir masih berada di beberapa titik pengungsian. Dan BPBD telah bergerak memberikan bantuan. "Kami sudah turun berikan bantuan. Dan ada juga beberapa warga yang sudah pulang membersihkan material banjir di rumahnya," tandas Amiruddin. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Polda DIY Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kerusuhan Babarsari

👤mediaindonesia,com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:10 WIB
Di lokasi kejadian, di Jambusari pada Sabtu (2/7), kata Ade, dua tersangka itu melakukan kekerasan yang mengakibatkan tiga orang...
ANTARA/Basri Marzuki

Pedagang di Kota Palu Tolak Hewan Ternak dari Luar Sulawesi

👤M Taufan S Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:40 WIB
Ketersedian stok di Kota Palu diakui pedagang masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi dan kebutuhan kurban pada Idul Adha...
MI/Adi Kristiadi

Pengendara Moge Penabrak Anak Kembar hingga Tewas di Ciamis Divonis 4 Bulan

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:35 WIB
MAJELIS hakim Pengadilan Negeri (PN) Ciamis menjatuhkan vonis dua terdakwa pengendara motor gede (Harley Davidson) yang menabrak dua anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya