Kamis 01 September 2022, 08:05 WIB

Komitmen BNPT Berdayakan Potensi Negara dalam Pencegahan Terorisme Didukung

Mediaindonesia.com | Nusantara
Komitmen BNPT Berdayakan Potensi Negara dalam Pencegahan Terorisme Didukung

Dok.BNPT
Ilustrasi. Ketua BNPT Boy Rafli (tengah) saat melakukan rapat dengan DPR.

 

LANGKAH Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar yang berkomitmen melakukan pemberdayaan seluruh potensi negara dalam mencegah dan menanggulangi aksi terorisme di tanah air didukung Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW). Sebab untuk menanggulangi terorisme butuh dukungan semua pihak.     

“Langkah BNPT selaku leading sector penanggulangan terorisme di Tanah Air  yang melibatkan seluruh elemen anak bangsa dalam proses pencegahan perlu didukung. Termasuk di dalamnya memaksimalkan anggaran pinjaman luar negeri dalam rencana program lembaga Tahun Anggaran (TA) 2023 yang memang dibutuhkan," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Bureaucracy and Service Watch, Nova Andika dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Cegah Radikalisme, Wapres Minta Umat Islam Memiliki Pemikiran ...

“Dalam beberapa tahun terakhir, angka aksi teror yang dilakukan kelompok terorisme di Indonesia menurun signifikan. Hal itu terjadi karena program pencegahan BNPT berhasil melibatkan dan memberdayakan seluruh potensi kekuatan bangsa,” imbuhnya

Ia sepakat  dengan pandangan yang disampaikan Kepala BNPT, Boy Rafli Amar bahwa BNPT harus memperkuat di ranah pencegahan terutama pengembangan pusat analisis dan pengendalian krisis, kemudian berkaitan dengan teknologi surveillance dan early warning system.

Begitu juga BNPT harus memperkuat pusat pendidikan, pelatihan dan kerja Sama (Pusdiklat) terorisme dan kerja sama internasional. Sedangkan untuk penguatan sarana pusat krisis/command center, ini dibutuhkan supaya petugas dapat melakukan monitoring secara langsung jika terjadi serangan terorisme.

Dengan demikian, menurut Andika BNPT dapat melakukan monitoring langsung secara real time saat terjadi krisis di tempat-tempat tertentu dalam konteks serangan terorisme. Sedangkan salah satu kebutuhan di bidang surveillance dan early warning system berguna untuk mendeteksi DPO tersangka teroris yang berkeliaran di ruang publik

"Ini memerlukan sarana teknologi yang tidak murah memang dan pinjaman luar negeri sebagai solusinya memang dibutuhkan , dan tidak berarti kita bersikap anti nasionalis jika mengambil opsi ini," tegasnya.

Pada Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi III DPR pada Rabu ( 31/8) Kepala BNPT Boy Rafli Amar memaparkan rencana untuk mengintegrasikan data Dukcapil hingga BNPT dapat melakukan deteksi lokasi-lokasi publik seperti terminal, bandara. "Bagaimana jika nanti ada DPO, ada yang perlu dideteksi di gate atau di border-border dengan peralatan yang terintegrasi dengan lembaga terkait. Ini akan mampu menjadi bagian dari proses deteksi," ujar Boy Rafli

IBSW menilai jika tiga poin besar BNPT tersebut terealisasi, akan menghasilkan output yang maksimal di bidang pencegahan dan penanggulangan terorisme. “IBSW berharap  usulan pinjaman luar negeri (PLN) ini dapat ditemukan solusi terbaiknya. Hal ini diperlukan agar penanggulangan di hulu yang dilakukan BNPT meraih hasil yang maksimal."

IBSW beralasan penguatan penanggulangan di hulu mesti diperkuat karena dampak kejahatan terorisme tidak cuma mengancam individu atau kelompok masyarakat tertentu, namun juga berefek domino kepada keutuhan tatanan sosial dan ekonomi masyarakat yang bisa memicu kesengsaraan bersama.  

IBSW mengajak seluruh elemen masyarakat tanpa kecuali untuk bahu membahu bergotong-royong dalam rangka meminimalkan potensi aksi terorisme. Kesadaran masyarakat menjadi salah satu hal yang penting dalam penanggulangan terorisme. Pasalnya, terorisme merupakan kejahatan luar biasa yang perlu ditangani secara persisten dan kolaboratif melibatkan berbagai elemen.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang Anggota Komisi III DPR RI, Adies Kadir. Dia menilai kurangnya ancaman radikalisme dan terorisme terbilang membanggakan. Namun Adies tetap mengingatkan semua pihak, termasuk BNPT agar tetap waspada. (RO/A-1)

Baca Juga

ANTARA/R D Putra

125 Jenazah Korban Tragedi Kanjuruhan sudah Diambil Keluarga

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:23 WIB
Hal itu diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Menurutnya, tidak ada lagi jenazah yang belum...
DOK.MI

Polisi Gagalkan Pajero Bawa Paket 20 Kg Sabu dari Medan ke Palembang

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:05 WIB
Di areal tersebut polisi menghentikan sebuah mobil Mitsubishi Pajero bernomor polisi B 1786 PJG. Mobil tersebut ditumpangi dua pria...
ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Sopir Bus Gagalkan Pengiriman 4,5 Kg Ganja ke Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:54 WIB
Dua pelaku yang mengirim paket tersebut, kata dia, saat ini masih dalam pencarian. Namun, identitas keduanya sudah dikantongi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya