Selasa 16 Agustus 2022, 16:56 WIB

Pemkab Cianjur Bagikan 15 Ribu Bendera Merah Putih

Benny Bastiandy | Nusantara
Pemkab Cianjur Bagikan 15 Ribu Bendera Merah Putih

MI/Benny Bastiandy
Bupati Cianjur Herman Suherman didampingi Kepala Badan Kesbangpol Rahmat Hartono secara simbolis membagikan Bendera Merah Putih kepada warga

 

PEMERINTAH Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyemarakan Hari Kemerdekaan ke-77 RI dengan menggalang dan membagikan sebanyak 15 ribu bendera Merah Putih kepada masyarakat. Upaya itu bertujuan menggugah rasa cinta Tanah Air dan semangat nasionalisme warga Cianjur.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cianjur, Rahmat Hartono, menuturkan pembagian bendera merah putih merupakan bagian dari Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih se-Indonesia. Pemkab Cianjur memandang perlu menindaklanjutinya dengan melakukan hal serupa. "Kabupaten Cianjur mempunyai target membagikan sebanyak 15 ribu bendera
Merah Putih," kata Rahmat, Selasa (16/8).

Pembagian bendera merah putih merujuk Surat dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 003.1/4397/SJ per 29 Juli 2022 yang ditindaklanjuti Surat Gubernur Jawa Barat Nomor 4430/HM.04.01/BAKESBANGPOL. Di Kabupaten Cianjur, Bupati Cianjur pun mengeluarkan Surat Edaran Nomor 003/5631/Kesbangpol tentang Kegiatan Menyemarakan Kegiatan HUT ke-77 RI Melalui Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

"Kegiatan ini melibatkan semua komponen masyarakat, pemerintah, swasta, BUMN, BUMD, lembaga vertikal, perbankan, dan komponen lainnya," tuturnya.

Dari target 15 ribu bendera merah putih, kata Rahmat, hingga Senin (15/8) sudah terbagikan sebanyak 9.830 bendera Merah Putih ke berbagai elemen masyarakat. Di Kabupaten Cianjur, launching-nya dilaksanakan di Desa/Kecamatan Sukanagara. "Secara simbolis, pembagiannya dilakukan oleh Bupati Cianjur," terangnya.

Rahmat mengaku progres pembagian bendera merah putih terus dilaksanakan. Hingga akhir Agustus, Rahmat yakin bendera merah putih tuntas dibagikan ke masyarakat.

"Hingga saat ini pembagian masih terus berjalan. Kami terus update datanya. Insya Allah semua bisa terdistribusikan kepada masyarakat," tuturnya.

Rahmat memastikan ada pelibatan para pelaku UMKM dalam penyediaan sebanyak 15 ribu bendera merah putih. Upaya itu dilakukan untuk membantu para pelaku UMKM sehingga bisa berdampak juga terhadap perputaran ekonomi di Kabupaten Cianjur.

"Kami berdayakan para pelaku UMKM dalam penyediaan bendera merah putih. Jadi kami memesan bendera merah putih ke para pelaku UMKM. Kami juga kerja sama dengan Dinas Koperdagin," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Ribuan UMKM Tumbuh Di Lamongan Selama Pandemi Covid-19

👤M Yakub 🕔Jumat 30 September 2022, 22:28 WIB
PEMKAB Lamongan, Jawa Timur menyatakan sebanyak 3.015 pengusaha di wilayahnya memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Sistem Online...
Dok. KEIND

Menkominfo, Menparekraf, dan Gubernur Jateng akan Hadir di Rakernas Perdana KEIND di Solo

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:02 WIB
Rapat Kerja yang juga dibarengi dengan acara Entrepreneur Summit ini telah mengundang lebih dari 3.000 UMKM dari seluruh Indonesia yang...
DOK Pribadi.

Rumah Pejuang Kanker Peroleh Bantuan Sicepat dan Indonesia Bisa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:00 WIB
Rumah Pejuang Kanker Ambu yang berdiri sejak 2009 terus berkembang sehingga kini yayasan itu memiliki empat rumah kanker di Jalan Bijaksana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya