Sabtu 13 Agustus 2022, 08:15 WIB

HUT RI: Bendera Merah Putih Siap Dikibarkan Pemuda Aceh di Puncak Gunung Halimun

Amiruddin MR | Nusantara
HUT RI: Bendera Merah Putih Siap Dikibarkan Pemuda Aceh di Puncak Gunung Halimun

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE)
Penyerahan bendera merah putih oleh Pj Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto melalui mantan Menteri Pertahanan GAM Zakarya Saman untuk diberikan

 

SEPULUH orang muda-mudi pencinta alam yang tergabung dalam tim Ekspedisi Merdeka, akan mengibarkan bendera sangsaka merah putih di puncak Gunung Halimun, Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. Pengibaran merah putih di lokasi medan pertahanan pahlawan Teungku Chik di Tiro Mahyeddin dari penjajahan Belanda ini, berlangsung nanti saat detik-detik peringatan dirgahayu ke-77 tahun kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2022.

Amatan Media Indonesia, misi tersebut dimulai dari penyerahan bendera sang saka oleh Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto melalui mantan Menteri Pertahanan GAM Zakarya Saman di Pendopo Bupati kawasan pesisir Selat Malaka, Kota Sigli, Ibukota Kabupaten Pidie pada Kamis (11/8) sekitar pukul 14.00 Wib. Lalu Zakaria Saman langsung menyerahkan bendera kepada Tim Ekspedisi Merdeka yang diterima oleh Koordinator Fakhrur Reza.

Setelah itu sepuluh orang yang tergabung dalam tim itu berangkat dari Pendopo Bupati Pidie, menuju lokasi Gunung Halimun. Mereka mendaki dari arah perkampungan terakhir kawasan pedalaman Gampong Blang Pandak Kecamatan Tangse.

Bupati Pidie Wahyudi Adisiswanto, dalam sambutan singkatnya mengucapkan selamat dan berterima kasih kepada tim Ekspedisi Merdeka yang menunaikan tugas mulia ini. Wahyudi berharap setelah misi ini selesai, tim bisa menyelesaikan satu PR lagi yakni menaklukkan puncak gunung Seulawah Aceh yang terkenal banyak mengukir sejarah masa lampau. Itu sesuai dengan apa yang dikatakan Zakaria Saman, bahwa Gunung Selawah merupakan lambang keperkasaan Provinsi Aceh dan banyak mengukir sejarah.

"Kami harus mohon doa para ulama dan dukungan tokoh masyarakat untuk memulai membangun Pidie. Saya butuh banyak pemuda guna menggapai keberhasilan bersama" tutur Pj Bupati Wahyudi Adisiswanto, kepada Media Indonesia.

Pada bagian lain, catatan diperoleh Media Indonesia, Gunung Halimun (Gunong Alimon : Bahasa Aceh) memiliki ketinggian sekitar 1.800 Meter DPL (Di atas Permukaan Laut). Nama lain Gunung Halimun itu adalah Gunong Aulia, karena banyak ulama dan pejuang kemerdekaan bertahan dan syahid melawan pasukan Belanda di puncak yang diselimuti kabut dingin tersebut.

Gunung yang memiliki lembah dan terbentang kebun kopi leberika (kopi panah : kopi rasa nangka) di lereng bawah itu berlokasi diantara Kecamatan Tiro dan Kecamatan Tangse. Mungkin karena lokasinya sangat strategis, DR Hasan Muhammad Di Tiro, pada 4 Desember 197 M, memproklamirkan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di gunung nan subur tersebut. Disilah cikal bakal pemberontakan GAM dideklarasikan.(OL-13)

 

Baca Juga

MI/WIDJAJADI

Begini Kronologi Insiden di Kanjuruhan Versi Aremania Korwil Bantur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:21 WIB
Setelah terjadi aksi dari dua suporter tersebut, kemudian memicu pendukung lainnya untuk memasuki area...
ANTARA/HO/POLRES TAPUT

Bantuan Kemanusiaan Mengalir ke Wilayah Terdampak Gempa di Taput

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:00 WIB
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, pihaknya telah menyalurkan ratusan paket bantuan kemanusiaan ke Tapanuli Utara...
MI/Januari Hutabarat

BNPB Sebut 962 Rumah Rusak Akibat Gempa Tapanuli Utara

👤Januari Hutabarat 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:51 WIB
BNPB juga mengirimkan personel guna dukungan kaji cepat dan akan memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) yang akan diserahkan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya