Rabu 10 Agustus 2022, 20:30 WIB

Pemkab Tolikara Serahkan Pengoperasian Listrik ke PLN

Marcel Kelen | Nusantara
Pemkab Tolikara Serahkan Pengoperasian Listrik ke PLN

MI/MARCEL KELEN
Bupati Tolikara Usman G Wanimbo bersama Komisaris dan Direksi PT PLN

 

PEMBANGUNAN dan pengoperasian listrik untuk wilayah Kabupaten
Tolikara, Papua, akhirnya diserahkan penuh kepada PT Perusahaan Listrik
Negara (PLN) Persero. Pasalnya, sejak kepemimpinan pejabat Bupati Karateker hingga kini, Pemerintah kabupaten Tolikara tidak mampu membangun, mengelola dan mengoperasikannya secara baik.

Penyerahan dari Pemerintah Kabupaten Tolikara kepada PT PLN ditandai dengan peresmian pengoperasian dan pengelolaan kelistrikan ibu kota Kabupaten Tolikara yang digelar di Kolengger, Distrik Karubaga, Selasa, (9/8).

Bupati Tolikara Usman G Wanimbo bersama Komisaris Utama PT PLN Pusat,
Amien Snaryadi, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua
Barat Mochamad Andy Adchaminoerdin hadir langsung. Mereka bersama-sama meresmikan pengoperasian dan pengelolaan yang digelar secara terbuka di hadapan masyarakat.

Bupati Tolikara memberikan apresiasi kepada PT PLN yang bersedia  bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tolikara untuk membangun listrik di wilayahnya. "Tolikara Terang merupakan visi utama dalam
kepemimpinan kami. Namun, untuk mewujudkan itu sulit dilakukan oleh pemerintah melalui instansi teknis."

Karena itu, lanjut dia, saat ini pihaknya membangun kerja sama dengan PT PLN untuk membantu mewujudkan visi Tolikara Terang dengan membagun dan mengelolanya secara mandiri. Sudah sekian tahun dari sejumlah pimpinan dinas terus mencoba mengoperasikan listrik tetapi tidak pernah berhasil.

"Puji Tuhan setelah penyerahan kepada PT PLN, saat ini kami lihat PLN sudah membangun jaringan dan lampu sudah menyala dengan baik," urainya.

Usman menambahkan PT PLN dapat memperluas pembangunan jaringan perlistrikan ke sejumlah wilayah kota yang tumbuh sebagai daerah penyangga. Di antaranya bagian barat di Kanggime, bagian utara di Kembu dan Wari/Dow, bagian timur di Bokondini, serta bagian selatan di Poganeri/Yuneri.

Kontribusi pembangunan


Sementara Komisiaris Utama PT PLN Amien Sunaryadi berharap PLN dapat  memberikan kontribusi besar untuk Kabupaten Tolikara. "PLN memberikan pelayanan kelistrikan di hampir seluruh wilayah Indonesia, juga di Papua maupun Papua Barat tapi ada beberapa kabupaten, termasuk Kabupaten Tolikara yang masih dalam pengembangan."

Serah terima pengoperasian dan pengelolaan kelistrikan, lanjut dia, merupakan langkah strategis untuk memajukan perekonomian daerah dan
memberikan dampak positif bagi peningkatakan kesejahteraan masyarakat.


General Manager (GM) PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Mochamad Andy Adchaminoerdin menambahkan, serah terima kelistrikan tersebut merupakan langkah awal sinergitas pengoperasian dan pengelolaan listrik. "Kami siap mengoperasikan dan mengelola aset yang dipercayakan Pemkab Tolikara." (N-2)

 

Baca Juga

MI/DJOKO SARDJONO

Bakti Sosial Jumat Berkah, Polres Klaten Bagikan 650 Paket Beras Kepada Warga Terdampak Penaikan Harga BBM

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 30 September 2022, 13:30 WIB
Kegiatan bakti sosial Jumat Berkah yang dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten, juga melibatkan unsur TNI, pemerintah daerah, pers,...
MI/MARCEL KELEN

Keluarga Persilakan KPK Periksa Lukas Enembe di Jayapura

👤Marcel Kelen 🕔Jumat 30 September 2022, 13:25 WIB
Pihak keluarga tak akan mengizinkan Lukas Enembe untuk keluar dari kediaman dan mempersilakan penyidik KPK untuk datang memeriksanya di...
MI/VOUCKE LONTAAN

Archi Indonesia Raih Penghargaan Tertinggi Aspek Keselamatan Pertambangan

👤Voucke Lontaan 🕔Jumat 30 September 2022, 13:15 WIB
Dalam ajang ini,  PT MSM dan PT TTN, juga  meraih penghargaan pada tiga aspek untuk pemegang Kontrak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya