Senin 25 Juli 2022, 19:19 WIB

Cuaca Buruk Potensial Terjadi di Perairan Selatan Jabar, Jateng, dan DIY

Lilik Darmawan | Nusantara
Cuaca Buruk Potensial Terjadi di Perairan Selatan Jabar, Jateng, dan DIY

ANTARA
Ilustrasi

 

CUACA buruk diperkirakan terjadi di Samudra Hindia di sebelah selatan  sebagian Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan DIY. Gelombang diperkirakan berkisar antara 4 meter-6 meter. Peringatan dini gelombang tinggi akan berlaku sampai Selasa (26/7).

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo mengatakan ketinggian gelombang berkisar antara 4 meter-6 meter. Sehingga pengunjung pantai, nelayanm dan pengguna jasa kelautan lainnya diminta waspada.

"Selain gelombang tinggi, perairan selatan sebagian Jabar, Jateng dan DIY juga terancam angin kencang. Kecepatan angin bisa mencapai 5-25 knot," ujar Teguh, Senin (24/7).

Dijelaskan Teguh, pola angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi berpotensi memicu terjadinya peningkatan tinggi gelombang laut. Apalagi, saat sekarang masuk musim timuran. "Kami telah mengeluarkan peringatan dini gelombang sangat tinggi, karena gelombang bisa mencapai ketinggian antara 4 meter-6 meter," ujarnya.

Daerah yang terancam gelombang tinggi di Jabar yakni perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya di Jabar. "Sedangkan di Jateng ada di perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo serta di perairan DIY," jelas dia. (OL-15)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Persiapan Jelang HUT Provinsi Maluku ke-77 Sudah 90 Persen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:55 WIB
Pelaksanaan rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Maluku dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke-77 akan berlangsung pada pukul 14.00 WIT,...
DOK.MI

BPBD: 696 Rumah Warga Medan Terendam Banjir, 2.247 Jiwa Terdampak

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:30 WIB
BPBD juga sempat mengevakuasi 14 korban banjir di dua titik, yakni Jalan Luku, Gang Bersama, Kuala Bekala lima orang terdiri atas dua...
ANTARA

Ribuan Warga Bentangkan Bendera Merah Putih di Pantai Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:00 WIB
Kegiatan ini diharapkan menumbuhkan nasionalisme dan menanamkan semangat patriotisme di dada rakyat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya