Senin 04 Juli 2022, 21:33 WIB

Angka Prevalensi Stunting Di Buleleng Turun Signifikan

Ruta Suryana | Nusantara
Angka Prevalensi Stunting Di Buleleng Turun Signifikan

DOK MI
Ilustrasi

 

ANGKA prevalensi stunting di Kabupaten Buleleng, Bali terus mengalami penurunan yang signifikan dalam tiga tahun terakhir. Ditargetkan, pada 2024, angka pravelensi stunting di Buleleng berada di kisaran 5 persen.

Pada 2019, angka prevalensi stunting di Buleleng sebesar 22,05 persen. Namun pada 2021 turun menjadi 8,9 persen.

"Ini merupakan capaian yang cukup membanggakan dan hasil dari kerja keras seluruh pihak," ujar Wakil Bupati Buleleng yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Buleleng, I Nyoman Sutjidra usai Koordinasi serta Supervisi Program Percepatan Penurunan Stunting oleh Direktorat Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Wilayah IV Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di Ruang Rapat Unit IV Kantor Bupati Buleleng, Senin (4/7).

Sutjidra mengatakan capaian 8,9 persen tersebut sekaligus menempati posisi ketiga di provinsi Bali  dan juga di bawah provinsi yang sebesar 10 persen. Capaian yang signifikan ini berkat kolaborasi antarSKPD dan salah satu program, inovasi Dinas Kesehatan Buleleng yaitu 'PAS di Hati' yang merupakan perluasan cakupan kegiatan pelayanan di posyandu.

Dengan 'PAS di Hati', kegiatan pelayanan posyandu diperluas dengan kegiatan  pemberdayaan masyarakat sesuai kondisi desanya. Seperti misalnya pendampingan dari sektor terkait seperti posyandu dengan Bank Sampah dari DLH, Posyandu dengan adanya tanaman atau kebun buah yang didampingi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

"Intinya strategi dari penurunan angka prevalensi stunting di Buleleng adalah kolaborasi dengan seluruh pihak yang terkait dan juga SKPD-SKPD lingkup Pemkab Buleleng," ucap Sutjidra. (OL-15)

 

Baca Juga

MEDCOM

Polisi Tangkap Empat Anggota Geng Motor Aniaya Warga hingga Tewas

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:50 WIB
Polres Majalengka sempat mengamankan 15 orang dalam kasus pengeroyokan, namun setelah dilakukan pendalaman yang ditetapkan sebagai...
DOK MI

Penindakan ODOL Di Tol Cipali Mulai Dilakukan

👤Nuruil Hidayah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:20 WIB
OPERASI penindakan kendaraan over dimension & over load (ODOL) atau kendaraan kelebihan muatan dilakukan di gerbang tol Palimanan,...
DOK.MI

Seorang Anak di Magelang Meninggal dalam Kondisi Positif Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:55 WIB
Dalam beberapa pekan terakhir ini tetap ada kasus covid-19 di Kota Magelang meskipun tidak lebih dari 15 kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya