Jumat 01 Juli 2022, 17:25 WIB

Puluhan Pengikut Khilafatul Muslimin Deklarasi Setia NKRI

Faishol Taselan | Nusantara
Puluhan Pengikut Khilafatul Muslimin Deklarasi Setia NKRI

DOK MI
Ilustrasi

 

WARGA Surabaya, Jawa Timur  yang pernah bergabung dengan Khilafatul Muslimin Surabaya Raya menggelar deklarasi Kebangsaan dan Pernyataan setia pada Pancasila dan NKRI di Balai Pemuda Surabaya.

Deklarasi ini dibacakan 53 perwakilan warga Khilafatul Muslimin dihadapan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta Kapolda, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan Kapolrestabes Surabaya, dan Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwiyono.

Turut hadir sebagai saksi dan ikut mendandatangani lima poin Deklarasi warga Khilafatul Muslimin, yakni KH Abdul Muchid Murtadho Ketua MUI Kota Surabaya, Achmad Mubirin Zuhri Ketua PCNU Surabaya, Hamri Al Jauhary Ketua DPP Muhammadiyah Surabaya dan Muhammad Yasit Ketua FKUB Surabaya.

"Acara ini adalah acara deklarasi saudara-saudara kita dari Khilafatul Muslimin untuk setia pada Pancasilasan NKRI," kata Nico Afinta.

Deklarasi ini memuat lima point yang menjabarkan tentang pengakuan Khilafatul Muslimin terhadap Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar Negara Republik Indonesia. Selain itu, para warga Khilafatul Muslimin menyatakan tidak akan anti Pancasila dan bertekad hidup berdampingan dengan segenap lapisan masyarakat secara harmonis, serta menjunjung tinggi Asas Bhineka Tunggal Ika.

Sebelumnya, berdasarkan hasil penelitian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Khilafatul Muslimin Ummul Quro ini digolongkan dalam kategori organisasi intoleransi karena paham yang dianutnya bertentangan dengan ideologi Pancasila. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Penindakan ODOL Di Tol Cipali Mulai Dilakukan

👤Nuruil Hidayah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 22:20 WIB
OPERASI penindakan kendaraan over dimension & over load (ODOL) atau kendaraan kelebihan muatan dilakukan di gerbang tol Palimanan,...
DOK.MI

Seorang Anak di Magelang Meninggal dalam Kondisi Positif Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:55 WIB
Dalam beberapa pekan terakhir ini tetap ada kasus covid-19 di Kota Magelang meskipun tidak lebih dari 15 kasus...
DOK MI

Sulteng Fokus Penanganan Masalah Stunting

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:45 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Tengah terus bekerja untuk menurunkan angka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya