Rabu 01 Juni 2022, 19:27 WIB

Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp1,5 Triliun Untuk Pemilu dan Pilkada 2024

Naviandri | Nusantara
Pemprov Jabar Siapkan Dana Rp1,5 Triliun Untuk Pemilu dan Pilkada 2024

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Jabar mempersiapkan dana Rp1,5 triliun untuk persiapan dan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Ini disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jabar, Iip Hidajat saat Rapat Koordinasi KPU Jabar di Kota Bandung, Selasa (31/5).

Iip mengatakan, dana tersebut telah dipersiapkan secara intens pada 2021 lalu dengan menerbitkan Perda 14/2022 tentang Dana Cadangan Daerah (DCD). Adapun pada Perda tersebut, dana untuk kepentingan Pemilu dan Pilkada akan diberi secara tahunan dengan APBD 2022 sebesar Rp200 miliar, APBD 2023 Rp800 miliar dan Rp500 miliar lainnya akan diberikan pada APBD 2024.

Lebih lanjut Iip mengatakan, dana tersebut nantinya akan dihibahkan KPU Jabar sebesar Rp1,150 triliun dan Rp150 miliar untuk Bawaslu serta Rp200 miliar untuk pengamanan. "Dana tersebut sudah termasuk untuk persiapan dan penyelenggaraan Pemilu nanti, sedangkan biaya pengamanan ini akan diberikan ke pihak TNI-Polri," tambahnya.

Penetapan Perda DCD ini, lanjut Iip sudah final dan mengikat. Pembahasan Perda ini sudah dilakukan sejak Agustus hingga akhir Desember 2021. Pemprov Jabar optimis, pelaksanaan Pemilu dan Pilkada 2024 akan berjalan sukses dan akan lebih baik dari Pemilu sebelumnya.

Sementara itu Kepolisian Daerah (Polda) Jabar, akan persiapkan Satuan Tugas (Satgas) money politics, untuk mengawasi pelaksanaan tahapan hingga penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pilkada serentak pada 2024. Direktorat Intelijen dan Keamanan (Dirintelkam) Polda Jabar, Kombes Ruslan Efendi mengatakan partisipasi masyarakat minimal 60 persen dari jumlah penduduk dan penyelenggaraan Pemilu dapat aman, sukses admintrasi dan tentunya tidak boleh ada politik uang.

"Jangan sampai praktik uang ini terjadi pada pelaksanaan Pemilu dan  Pilkada serentak nanti, kami akan dengan cepat menindak siapa saja yang melakukan praktik uang," kata Efendi.

Dirinya juga mengajak, seluruh masyarakat untuk turut membantu pihak kepolisian membasmi praktik uang. "Masyarakat dapat langsung melapor bila menemukan praktik-praktik politik uang saat tahapan mau penyelenggaraan Pemilu serentak nanti," ujarnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.ant

Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Rappokalling hancurkan 31 Rumah

👤Lina Herlina 🕔Selasa 27 September 2022, 12:00 WIB
SETIDAKNYA 31 rumah warga di kawasan padat penduduk di Jalan Rappokalling Timur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar,...
DOK/PERSIS

Persatuan Islam Gelar Muktamar ke XVI, Ridwan Kamil Suntikkan Semangat Memaslahatkan Umat

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:20 WIB
Selain merumuskan program kerja organisasi, melalui kegiatan inipun diharapkan jalinan kekerabatan di antara pengurus semakin...
DOK/LPPM ITB

LPPM ITB Meluncurkan AR Bahasa Isyarat, Dukung Kopi Saa-Cafein Cafe Inklusi

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:10 WIB
Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari perayaan hari Bahasa Isyarat pada 23 September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya