Sabtu 28 Mei 2022, 18:22 WIB

Sapi Terjangkit PMK di Cianjur Jalani Masa Karantina

Benny Bastiandy | Nusantara
Sapi Terjangkit PMK di Cianjur Jalani Masa Karantina

ANTARA
Ilustrasi

 

TIM Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengambil langkah isolasi terhadap hewan ternak sapi yang terindikasi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Selama masa isolasi yang disertai dengan penanganannya, kondisi sapi yang terjangkit PMK berangsur membaik.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Kabupaten Cianjur, Ade Dadang Kusmayadi, mengatakan hingga saat ini baru hewan ternak sapi yang terindikasi terjangkit PMK di Kabupaten Cianjur. Namun pengawasan dan pencegahan perlu dilakukan juga bagi hewan ternak ruminansia lain seperti kambing, domba, maupun kerbau.

"Untuk Kabupaten Cianjur sudah terindikasi (PMK) di beberapa titik. Alhamdulillah sekarang sedang penanganan oleh tim kami dari Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan," kata Ade, Sabtu (28/5).

Sapi yang terindikasi terjangkit PMK di Kabupaten Cianjur sedang menjalani masa karantina selama 14 hari. Ade berharap kondisinya terus membaik sehingga tidak menularkan ke hewan ternak lainnya. "Dari penanganan yang kami lakukan, informasi terakhir kondisi sapi-sapi sudah berangsur membaik," tegasnya.

Temuan kasus PMK di Kabupaten Cianjur berada pada peternakan di Kecamatan Cilaku, Sukaresmi, dan Mande. Jumlahnya yang terdata tidak terlalu banyak.

"Hanya empat ekor yang terindikasi. Semoga dengan cepatnya penanganan serta upaya pencegahan bisa menjadi cara PMK di Kabupaten Cianjur tak meluas," ujarnya.

Wabah PMK di Kabupaten Cianjur baru menyerang hewan ternak sapi. Sedangkan domba, kambing, atau kerbau hingga saat ini belum ada yang terindikasi. "Mudah-mudahan tidak ada. Kami lakukan penanggulangan PMK dengan melibatkan stake holder lainnya," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Bantu Pemuda di Kulon Progo yang Manfaatkan Limbah Jagung

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 01:23 WIB
Sandiaga pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang...
DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya