Kamis 26 Mei 2022, 19:25 WIB

Pemprov Sulteng Antisipasi Masuknya PMK

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Pemprov Sulteng Antisipasi Masuknya PMK

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah telah melakukan upaya mengantisipasim penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak yang telah mewabah di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Timur dan Aceh.

Kepala UPT Veteriner Dinas Pertanian dan Perkebunan Sulteng, Erwin Hurudji mengatakan, upaya yang sudan dilakukan itu berupa koordinasi dengan steakholder, terkait pencegahan PMK, termasuk berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota di Sulteng. "Jadi sudah ada beberapa kali rapat membahas pencegahan PMK itu," terangnya, Kamis (26/5).

Menurut Erwin, saat ini juga sudah ada tim yang turun langsung ke lapangan untuk mengecek kondisi hewan ternak yang diternak warga di 12 kabupaten dan satu kota di Sulteng. "Hasilnya belum ada ditemukan PMK di Sulteng. Namun peternak tetap dimbau untuk melakukan pencegahan," imbuhnya.  

Kepala Bidang Karantina Hewan dari Balai Karantina Palu, Nanang Handayono menambahkan, sejak ditemukannya kasus PMK di wilayah Jawa Timur dan Aceh, pihaknya telah menghentikan lalu lintas ternak dari daerah tersebut untuk mencegah PMK masuk di Sulteng.

"Pas wabah itu merebak lalu lintas dari dua wilayah Jawa Timur dan Aceh langsung kami setop. Itu dilakukan untuk antisipasi," tandasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

dok.ist

Ulama dan Hilma di Madura Doakan Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 09:10 WIB
HIMPUNAN Lora Madura (HILMA) bersama dengan 2.000 Ulama dan Kiai se-Madura menyatakan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo...
Ist/Pemprov Jateng

Ganjar: Pemprov Jateng Serius Tangani Masalah Sampah

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 09:01 WIB
Peserta Kongres Sampah Deden Lesmana asal Cirebon Jawa Barat mengaku kegiatan Kongres Sampah yang dihadirinya ini akan...
dok.medcom

Kecelakaan Beruntun Belasan Kendaraan Di KM 92 Cipularang Arah Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 06:54 WIB
BELASAN kendaraan dikabarkan terlibat kecelakaan beruntun di KM 92 Tol Cipularang arah Cikampek-Jakarta pada Minggu (26/6)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya