Senin 16 Mei 2022, 10:20 WIB

Terdata 890 Sapi di Babel Positif PMK, Masyarakat Jangan Panik

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Terdata 890 Sapi di Babel Positif PMK, Masyarakat Jangan Panik

MI/Heri Susetyo
Petugas kepolisian memeriksa dokumen kesehatan sapi yang didistribusikan di daerah perbatasan untuk menekan penyebaran PMK

 

KEPOLISIAN daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meminta masyarakat tidak panik terkait ditemukannya 890 sapi yang terserang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kabid Humas Polda Babel Kombes A.Maladi mengatakan berdasarkan data Dinas Pangan dan Pertanian Babel setidaknya ada 890 sapi yang terkonfirmasi positif PMK.

Berdasarkan data tersebut, Kapolda Babel. Irjen Yan Sultra sudah melakukan peninjauan ke Karantina Sapi yang ada di Desa Air Anir Kabupaten Bangka, Sabtu (14/5)

"Kita himbau masyarakat tidak panik berlebihan terkait penyakit mulut dan kuku yang sudah terkonfirmasi di Pulau Bangka," kata Kombes Maladi, Minggu (15/5).

Menurut Maladi, pihaknya telah melakukan langkah-langkah cepat berkordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pangan, Pertanian dan Peternakan dan Karantina Pertanian dalam mengantisipasi penyebaran PMK di Bangka Belitung.

Selain itu, pihaknya dikatakan Maladi akan membentuk Tim Gugus Tugas dalam rangka penanggulanan Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan. "Kita juga optimalkan dengan penyuluhan peternakan untuk edukasi masyarakat bahwa PMK tidak berbahaya dan tidak menular pada
manusia," tegasnya.

Tak hanya itu, sejumlah penanganan juga sudah dilakukan baik dari sektor Kesehatan Hewan mulai dari pemberian antibiotik/vitamin, Disenfeksi Kandang secara periodik serta pengambilan sampel untuk pengujian PMK dibeberapa lokasi.

"Kita juga sudah kordinasi dengan instansi terkait untuk memastikan hewan yang telah dipotong telah lulus uji klinis. Jadi, kita pastikan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat dan ini tidak perlu ditakuti," jelasnya.

Sebagai informasi, untuk populasi sapi di Bangka Belitung ada sekitar 17 ribuan ekor mulai dari jenis Sapi Potong, Sapi potong eks impor dan sapi Perah.

Sedangkan untuk kebutuhan daging sapi pertahun di Babel berkisar diangka 8 ribuan ton. Pemenuhan kebutuhan daging sapi potong harian perbulan ini, disuplay dari berbagai daerah seperti Provinsi Lampung, Jawa Timur (Madura) dan Lokal (jenis Sapi Bali). (OL-13)

Baca Juga: IPB: Batasi Lalu Lintas Ternak Berpenyakit Mulut dan Kuku

Baca Juga

MI/John Lewar

Sandiaga Sebut Harga Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,7 Juta Masih Dibahas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 05 Juli 2022, 07:56 WIB
Selain mengutamakan nilai-nilai konservasi dan keberlanjutan lingkungan, wacana itu juga mempertimbangkan beban sementara atau carrying...
MI/Lilik Darmaswan

Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Aceh Barat tidak Melaut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:00 WIB
Dampak tingginya gelombang laut juga menyebabkan nelayan tidak berani beraktivitas di laut, karena ketinggian gelombang yang mencapai empat...
MI/HO

Rumah Sakit Siloam Palembang Terbakar

👤Gonti Hadi Wibowo 🕔Selasa 05 Juli 2022, 03:56 WIB
Diduga api berasal dari genset di ruangan lantai dua rumah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya