Rabu 11 Mei 2022, 20:21 WIB

Polresta Sidoarjo Razia Kendaraan Pengangkut Ternak Antisipasi PMK

Heri Susetyo | Nusantara
Polresta Sidoarjo Razia Kendaraan Pengangkut Ternak Antisipasi PMK

MI/Heri Susetyo
Polresta Sidoarjo, Jatim melakukan razia kendataan hewan pengangkut ternak untuk mencegah penyebaran wabah PMK.

 

MENGANTISIPASI penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK), Polresta Sidoarjo, Jawa Timur melakukan razia kendaraan pengangkut ternak di kawasan perbatasan Sidoarjo, Rabu (11/5). Kendaraan pengangkut ternak baik yang akan masuk atau keluar Sidoarjo dihentikan petugas.

Razia dilakukan Polresta Sidoarjo di Jalan Raya Tropodo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo, Rabu (11/5). Sejumlah kendaraan pengangkut ternak luar kota yang masuk wilayah Sidoarjo dihentikan.

Petugas memberi penjelasan pengemudi bahwa hewan ternak kuku belah, untuk sementara tidak boleh masuk ke Sidoarjo. Mereka kemudian diminta kembali ke daerah asal, dan baru boleh membawa masuk ternak ke Sidoarjo, hingga wabah PMK reda.

"Ya saya harus balik kalau aturannya begitu," kata Junaidi, salah satu pengemudi kendaraan pengangkut ternak.

Tidak hanya kendaraan pengangkut ternak dari luar kota, kendaraan pengangkut ternak dari Sidoarjo yang akan keluar kota, juga diminta kembali ke tempat asalnya. Sehingga selama wabah PMK masih merebak, tidak diperbolehkan ada lalu lintas keluar masuk ternak di wilayah Sidoarjo.

"Aturan ini diterapkan sementara untuk mengantisipasi dan meredam, penyebaran virus PMK yang menyerang ternak berkuku belah," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro.

Sebanyak 769 ekor sapi di Sidoarjo dilaporkan terpapar PMK. Dilaporkan ada 15 ekor sapi mati akibat terkonfirmasi virus tersebut. (OL-15)

 

Baca Juga

ANTARA/Suwandy

Vihara Girinaga Makassar Terbakar Aibat Lilin Jatuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 00:47 WIB
Vihara Girinaga Makassar mengalami kebakaran akibat lilin yang sedang menyala jatuh dan mengena benda yang mudah terbakar, sehingga...
Dok. Sobat Erick

Ajak Masyarakat Giat Olahraga, Sobat Erick Gelar Senam Sehat di Bandung

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 23:08 WIB
Ajakan ini direalisasikan para pendukung Menteri BUMN Erick Thohir di Pilpres 2024 tersebut lewat pelaksanaan senam sehat di Kota Bandung,...
MI/RUTA SURYANA

STAHN Mpu Kuturan Luncurkan Rencana Aksi Pemuliaan Air di Bali Utara

👤Ruta Suryana 🕔Senin 16 Mei 2022, 22:30 WIB
Acara ini diresmikan secara langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya