Jumat 29 April 2022, 13:15 WIB

KPPU Pantau Kenaikan Harga di Sumut Tembus 35% Jelang Lebaran 2022

Yoseph Pencawan | Nusantara
KPPU Pantau Kenaikan Harga di Sumut Tembus 35% Jelang Lebaran 2022

MI/Yoseph Pencawan
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) wilayah 1

 

HARGA bahan pokok di Sumatra Utara mengalami kenaikan cukup signifikan menjelang perayaan Idulfitri 1443 Hijriah dengan kisaran 10% hingga lebih dari 35%.

Kepala Kantor Wilayah I Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Ridho Pamungkas mengatakan, pihaknya telah melakukan pemantauan dan survei harga bahan pokok di Kota Medan dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir.

"Pemantauan harga dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Medan," ujarnya, kemarin (28/4).

Salah satu tempat yang menjadi sasaran pemantauan adalah Pusat Pasar Kota Medan. Di Pusat Pasar komoditas ayam pedaging mengalami kenaikan harga lebih dari 35%. Dari semula Rp28.000 per kg menjadi Rp35.000 per kg.

Berdasarkan keterangan dari pedagang, kata Ridho, mereka menjual hingga Rp35.000 per kg karena harga pengambilan dari kandang perusahaan budi daya mencapai Rp29.000 per kg.

Selain ayam pedaging, kenaikan harga mencolok juga terjadi pada daging sapi yang mendekati 30%. Harga komoditas ini naik dari Rp120.000 per kg menjadi Rp140.000 per kg.

"Informasi dari pedagang daging, kenaikan harga sudah terjadi sejak pengambilan dari feedloter dan masih mungkin akan naik hingga Lebaran," terang Ridho.

Bawang merah menjadi komoditi yang mengalami kenaikan paling tinggi. Harga bawang merah melonjak dari Rp28.000 per kg menjadi Rp35.000 per kg.

Kemudian cabai merah mengalami kenaikan harga dari Rp28.000 menjadi Rp30.000 per kg. Sementara harga bawang putih relatif stabil di kisaran Rp25.000 per kg.

Kenaikan harga di Pusat Pasar, menurut Ridho, tidak jauh berbeda dengan hasil suvei yang dilakukan Kanwil I KPPU di sembilan pasar tradisional di Kota Medan dan sekitarnya.

Antara lain Pasar TPI Cemara, Pasar Brayan, Pasar Raya MMTC, Pasar Delitua, Pasar Selasaan, Pasar Simpang Limun, Pasar Setia Budi, Pasar Peringgan dan Pasar Petisah. Dari survei tersebut secara umum terdapat llima komoditas yang mengalami kenaikan harga dan perlu diwaspadai.

"Kelimanya adalah daging sapi, daging ayam, telur ayam, cabai merah dan bawang merah," jelas Ridho.

Menurut dia, KPPU selalu rutin melakukan pemantauan stok dan harga komoditas pangan menjelang hari besar keagamaan. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen KPPU dalam menjaga stabilitas harga dan pemenuhan pasokan bahan pokok.

Aktivitas tersebut juga untuk mengidentifikasi kemungkinan terjadinya pelanggaran UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Seperti perilaku penahanan distribusi dan atau pemasaran untuk menaikkan harga komoditas tertentu dengan tujuan meraup keuntungan berlebih.(OL-13)

Baca Juga: Kampung Blok Ketupat Bandung Banjir Pesanan

Baca Juga

WIKIPEDIA

Stasiun Kota Baru Malang Berpeluang Jadi Situs Cagar Budaya

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 01 Juli 2022, 21:05 WIB
Wakil Kepala Stasiun Kota Baru Edy Kurnianto menyatakan berkomitmen tetap melestaikan bangunan stasiun sebagai cagar...
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Hari Pertama Pertalite Pakai MyPertamina, Warga Bandung: Bikin Ribet

👤Roni Kurniawan 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:55 WIB
Aturan baru tersebut dinilai ngawur karena pengendara harus menggunakan smartphone ketika mengisi...
DOK MI

Sulteng Perketat Pengawasan Lalu Lintas Ternak

👤M Taufan SP Bustan 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:36 WIB
PEMPROV Sulawesi Tengah (Sulteng), terus mengawasi lalu lintas hewan ternak yang masuk ke provinsi itu agar terbebas dari Penyakit Mulut...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya