Senin 25 April 2022, 21:11 WIB

Pemkab Bandung Barat Pastikan Kesiapan Jalur Mudik

Depi Gunawan | Nusantara
Pemkab Bandung Barat Pastikan Kesiapan Jalur Mudik

ANTARA/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi

 

SEPEKAN jelang Idul Fitri 1443 H, jalur di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, Jawa Barat, diklaim siap dilintasi pemudik pada lebaran tahun ini.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bandung Barat, Aan Sopian mengatakan, kesiapan jalur yang bakal dilintasi pemudik telah disampaikan kepada jajaran kepolisian, beberapa waktu lalu.

"Khusus untuk jalur pemudik terutama jalur utama dinyatakan sudah siap, kemarin sudah dirapatkan bersama dengan Polres Cimahi," katanya, Senin (25/4).

Sejumlah jalur yang biasa dilintasi pemudik di antaranya Jalan Raya Cipatat-Padalarang untuk kendaraan dari arah barat seperti Cianjur, serta Jalan Raya Cikalongwetan untuk kendaraan dari Purwarta dan lainnya. Jalur-jalur tersebut diperkirakan akan ramai dilintasi kendaraan yang tidak bisa masuk tol seperti sepeda motor atau pemudik jarak dekat misal ke daerah Garut, Tasikmalaya, Ciamis serta Banjar.

"Selain itu, juga jalur Cimareme yang mengarah ke Soreang Kabupaten Bandung. Kemudian di wilayah utara, Jalan Setiabudi, Lembang hingga Jalan Tangkuban Parahu," ujarnya.

Meski begitu, lanjut dia, belum seluruhnya jalur di wilayah Bandung Barat siap dilintasi kendaraan pemudik. Sebab di wilayah bagian selatan atau dari Cihampelas hingga Sindangkerta masih dalam proses perbaikan.

"Sekarang masih ada jalan bolong-bolong karena ada crossing saluran belum beres. Diusahakan kepada pihak kontraktor perbaikan selesai sebelum lebaran," tuturnya.

Terpisah, Kepala Seksi Peningkatan Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Cimahi, Made Wardana juga mengungkapkan, baik ruas jalan nasional, jalan provinsi maupun jalan dalam kota sudah siap untuk dilalui pemudik. "Hasil koordinasi kemarin dengan kepolisian sudah siap. Kemantapan jalan di wilayah kita secara keseluruhan sudah 94 persen," ungkap Made.

Sejumlah ruas jalan di Cimahi yang kerap dilintasi pemudik di antaranya Jalan Jenderal Amir Machmud, Jalan Gandawijaya, Jalan Gatot Subroto, Jalan Nanjung dan Jalan Kolonel Masturi. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Chairul Rohman

Sandal Kayu Mahoni dari Tasikmalaya Rambah Pasar Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:08 WIB
"Sudah sampai Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polisi Temukan Puluhan Ternak Terinfeksi PMK di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:55 WIB
Setelah dipastikan tertular PMK, hewan-hewan ternak tersebut kini sudah diisolasi dan ditangani mantri...
dok.ist

Polda DIY Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:53 WIB
POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membongkar kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, melibatkan HY (37) dan UN (40) warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya