Senin 25 April 2022, 14:41 WIB

Arus Mudik Meulaboh-Simeulue Membeludak, ASDP Tambah Trip Penyeberangan

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Arus Mudik Meulaboh-Simeulue Membeludak, ASDP Tambah Trip Penyeberangan

MI/Amir MR.
Kapal penyeberangan berlayar dari pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh tujuan Balohan, Sabang.

 

ARUS mudik penyeberangan dari Kuala Bubon, Meulaboh Kabupaten Aceh Barat-Sinabang, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, mulai ramai pada Minggu (24/4). Itu sebabnya sebagian pemudik yang sudah menunggu sejak Sabtu malam harus berebut membeli tiket keberangkatan di pelabuhan Kuala Bobon.

Sesuai laporan yang diperoleh Media Indonesia, sekitar 200 pemudik menunda keberangkat pada Minggu karena tidak dapat naik kapal motor penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang. Pasalnya, kapasitas angkutan KMP Teluk Sinabang itu hanya berkisar 300 hingga 400 penumpang.

Sedangkan jumlah pemudik yang ingin menaiki kapal mencapai sekitar 600 orang. Setelah dikurangi jumlah kendaraan roda empat, penumpang yang tertampung untuk keberangkatan sebanyak 457 orang. Pihak ASDP (Angkutan Sungai dan Penerangan) Cabang Singkil tidak mungkin mengangkut melebihi kapasitas demi untuk kenyamanan dan keselamatan perjalanan laut.

Manajer Usaha ASDP Cabang Singkil, Agus Ramdani, kepada Media Indonesia mengatakan untuk menampung semua pemudik tujuan kepulauan Simeulue pihaknya hari ini (Senin) menambahkan satu trip penyeberangan KMP Teluk Singkil. Penambahan trip kapal berkapasitas sekitar 300 penumpang ini berlayar dari pelabuhan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, tujuan Sinabang, Kabupaten Simeulue.

"Karena posisi Labuhan Haji berada ditengah antara pelabuhan Singkil dan pelabuhan Kuala Bubon, Aceh Barat. Lalu lebih dekat yaitu sekitar 80 mil ke Sinabang, Kepulauan Simuelue. Bagi yang ingin berangkat silakan bergeser melalui pelabuhan Labuhan Haji," tutur Agus Ramdani.

Baca juga: Ini Penyebab Kebakaran Kapal Bantuan Pemkab Sikka

Edi Saputra, staf operasional ASDP Singkil Meulaboh, mengatakan lonjakan penumpang mudik dari pelabuhan Kuala Bubon, Meulaboh-Sinabang, pada Minggu sebagian besar ialah mahasiswa yang ingin pulang dari daratan Aceh dengan tujuan Kepulauan Simeulue. Selama ini mereka menimba ilmu pada beberapa lembaga perguruan tinggi di Meulaboh Aceh Barat dan Banda Aceh. 

Mereka memilih mudik lebih awal karena menuju Pulau Simeulue membutuhkan waktu lama hingga dua hari menggunakan kendaraan darat. Lalu mereka harus menaiki kapal penyeberangan Samudra Hindia ke Simeulue. "Selain lebih leluasa, perjalanan juga bisa lebih lama bersama keluarga di kampung," tutur Edi Saputra. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Bandara Internasional Minangkabau Kembali Buka Rute Padang-Kuala Lumpur

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:38 WIB
BANDARA Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera barat resmi membuka kembali rute Padang-Kuala Lumpur,...
DOK MI.

Banjir Rendam Puluhan Rumah di Pedalaman Aceh Timur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:29 WIB
Puluhan rumah di pedalaman Kabupaten Aceh Timur terendam banjir menyusul meluapnya air sungai akibat hujan lebat dalam sehari...
MI/John Lewar

Obyek Wisata Loh Buaya Pulau Rinca Kembali Dibuka Untuk Umum

👤John Lewar 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:25 WIB
LOH Buaya, salah satu kawasan wisata milik Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) NTT, telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya