Kamis 14 April 2022, 17:19 WIB

Wisatawan asal Sumbawa Hilang Terbawa Air Terjun di NTT

John Lewar | Nusantara
Wisatawan asal Sumbawa Hilang Terbawa Air Terjun di NTT

MI/John Lewar.
Objek wisata air terjun Cunca Wulang.

 

SEORANG wisatawan asal Sumbawa Nusa Tenggara Barat, Fabio, 31, dilaporkan menghilang di lokasi air terjun Cunca Wulang di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sejak Rabu (13/4) siang. Camat Mbeliling, Robertus Dos, bersama warga langsung turun ke lokasi untuk mencari korban. 

"Sampai hari ini masih ada upaya pencarian di beberapa titik lokasi air terjun," ujar Robertus Dos, Kamis (14/4). Memasuki hari kedua pencarian korban, tim melibatkan Basarnas Pos Labuan Bajo bersama TNI-Polri.

Fabio yang hilang akibat terbawa arus air diperkirakan terjatuh dari lokasi air terjun. "Upaya pencarian ini melibatkan para pelaku Dive Master di Labuan Bajo bersama tim SAR gabungan di lokasi air terjun Cunca Wulang Kecamatan Mbeliling Manggarai Barat," ucap Robertus Dos.

Dia menambahkan Tim SAR gabungan dibantu masyarakat di desa Cunca Wulang mencari korban di sejumlah titik lokasi air terjun. Namun sejauh ini korban belum ditemukan. "Kita berharap dan berdoa dengan upaya ini korban bisa ditemukan," katanya.

Rekan korban, Arman, di lokasi pencarian menuturkan kejadian itu lebih kurang pada pukul 13.00 Wita. Meski sempat berusaha menolong korban, tetapi dirinya memiliki keterbatasan peralatan. Ia kemudian melaporkan peristiwa itu kepada warga setempat dan tim SAR gabungan.

Arman mengaku bersama sahabatnya itu mulanya berenang di kolam yang sedang dialiri air deras. Kemudian korban hanyut terbawa air hingga menuju tepi air terjun setinggi lebih kurang 15 meter.

"Saya dan Fabio tempat berenang di kolam itu. Kami berdua sempat terbawa arus air tetapi Fabio lebih ke arah ke kanan sehingga arus air lebih kencang kemudian terus terperosok ke liang air terjun," tutur Arman.

Kepala Pos SAR Labuan Bajo Edi Suyono menyebutkan upaya pencarian masih terus dilakukan agar bisa menemukan korban. "Jika kemungkinan air terjun masih deras dan membesar berarti sangat menyulitkan upaya pencarian tetapi kami tetap berusaha untuk mencari hingga menemukan korban,"ungkap Edi Suyono.

Baca juga: Korban Kecelakaan, Jenazah Balita dan Ayah Dipulangkan Kondisi Ibu Kritis

Kemungkinan besar, lanjutnya, korban bisa muncul ke permukaan. Ada kemungkinan lain yakni jika tidak muncul, berarti korban terbenam lumpur. (OL-14)

Baca Juga

MI/Amiruddin Abdullah Reubee

USK dan Pemkab Aceh Selatan Kerja Sama Peta Risiko Bencana

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:16 WIB
"Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Banjir Aceh Selatan yang akan dibuat ini sepenuhnya untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat...
MI/Seno

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:41 WIB
Berdasarkan data hasil Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, prevalensi stunting di Kalsel mencapai 33,08% atau berada pada urutan 6...
MI/Hendra

Menyelamatkan Danau Maninjau, Objek Wisata Unggulan di Agam

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:00 WIB
Kondisi fisik dan ekologi danau kini telah mengalami degradasi atau penurunan, sehingga perlu pengelolaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya