Sabtu 09 April 2022, 19:00 WIB

IBI Minta emerintah Perhatikan Keamanan Nakes di Daerah Rawan Konflik 

Heri Susetyo | Nusantara
IBI Minta emerintah Perhatikan Keamanan Nakes di Daerah Rawan Konflik 

MI/Heru Susetyo
Pengurus IBI melayat dan memberikan santunan kepada keluarga Sertu Eka yang tewas karena ulah KKB di Papua

 

PENGURUS Ikatan Bidan Indonesia (IBI) meminta pemerintah untuk memberikan perhatian pengamanan khusus kepada para tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja dan ditempatkan di daerah dengan potensi konflik dan  terpencil. Sebab tidak banyak nakes yang bersedia ditempatkan berdinas di daerah rawan untuk membantu warga terpencil yang membutuhkan layanan kesehatan. 

Permohonan tersebut disampaikan pengurus pusat IBI saat mendatangi rumah orang tua almarhum Sertu Eka Andriyanto Hasugian di Desa Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (9/4). Sertu Eka dan istrinya Sri Lestari Indah Putri tewas 31 Maret lalu menjadi korban kekejaman kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. 

Selain berdoa bersama, pengurus IBI juga memberikan santunan kepada anak-anak almarhum Sertu Eka. Kegiatan ini juga dihadiri para pengurus IBI Jatim serta pengurus cabang IBI dari sejumlah kabupaten. 

Istri Sertu Eka, Sri Lestari Indah Putri adalah seorang bidan yang juga berdinas di Papua. Bidan Sri Lestari dikenal suka membantu layanan persalinan dan kesehatan masyarakat di sana. Namun Sri Lestari dan suaminya Sertu Eka tewas di tangan KKB di Distrik Elelim Kabupaten Yalimo Papua. 

"Bagi teman-teman yang sudah menyediakan, mengorbankan dirinya bertugas di daerah terpencil, ya mohon agar perlindungan, keamanan bagi teman-teman itu diperhatikan," kata Ketua Umum Pengurus Pusat IBI Emi Nurjasmi. 

Baca juga : Binda DIY Galakkan Vaksinasi Di Masjid Selama Ramadan

Emi berharap ada perlindungan khusus bagi nakes atau anggota apapun yang sudah bersedia mengabdikan diri untuk negara di tempat terpencil. Sebab peristiwa terbunuhnya nakes ini juga bukan yang pertama. Sebelumnya beberapa bulan lalu juga ada kejadian serupa di tempat konflik yang sama. 

IBI juga mendesak untuk menangkap pelaku dan memberikan hukum setimpal. Perbuatan para pelaku dinilai sangat sadis tidak berperikemanusiaan. 

Sementara itu M Arif, ayah almarhum Sertu Eka mengatakan, anak Eka nomor dua yang terluka di bagian jari, sudah dipulangkan dari RSUD dr Soetomo pada Jumat kemarin (8/4). Elvano Putra Faeyza Hasugian,3, kondisinya membaik dan tinggal menjalani kontrol kesehatan. 

"Semakin baik dan nanti ada dokter dari RSUD dr Soetomo yang melakukan kontrol kesehatan Vano," kata Arif. (OL-7)

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Warga Pematangsiantar Keberatan Penagihan PBB Kedaluwarsa

👤Apul Iskandar 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:57 WIB
Padahal menurutnya perda tersebut mengatur PBB yang sudah lebih dari 5 tahun tidak dapat lagi ditagih karena sudah kedaluwarsa apalagi...
MGN/Bambang Yulianto

3 Hektare Padi Siap Panen Rusak Terserang Hama Wereng

👤Bambang Yulianto (MGN), Yuchri Prabudi (SB) 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:49 WIB
SELUAS tiga hektare tanaman padi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang siap panen rusak terserang...
Antara

Hewan Ternak Sembuh dari PMK di NTB Capai 28 Ribu Ekor

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:30 WIB
Angka kesembuhan hewan ternak dari serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat hingga mencapai 28.132...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya