Senin 04 April 2022, 16:30 WIB

Banjir Bandang Rusak Lahan Pertanian Warga Lembang

Depi Gunawan | Nusantara
Banjir Bandang Rusak Lahan Pertanian Warga Lembang

MI/Depi Gunawan.
Petani di Kampung Ciputri, Desa Langensari, Lembang, memperbaiki pohon cabai yang rusak diterjang banjir bandang, Senin (4/4).

 

LAHAN pertanian di Kampung Ciputri, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, rusak akibat diterjang banjir bandang. Air sungai bercampur lumpur dan sampah rumah tangga yang melintasi area pertanian meluap dan merendam kebun warga.

Bukan hanya itu, beberapa titik longsor juga mengancam pengguna kendaraan yang melintas di Jalan Sukaraja-Sukarame. Selain itu, satu pom bensin mini mengalami rusak terseret banjir.

Bencana tersebut dipicu hujan deras pada Minggu (3/4) sore. Sehari pascakejadian, pemilik kebun mengevakuasi tanaman yang rusak serta menyingkirkan sampah yang berserakan di perkebunannya.

"Kami baru pertama kali mengalami hujan besar seperti kemarin sampai air sungai meluap. Selama ini sering turun hujan tetapi jarang sampai kejadian begitu," kata Ketua RW, Supriadi, Senin (4/4).

Kejadian banjir bandang di Kampung Ciputri terekam video amatir warga. Banjir datang dengan cepat merendam akses jalan alternatif penghubung antardesa termasuk merusak lahan pertanian. "Diperkirakan, lahan pertanian warga di enam RW terendam yang dilintasi aliran sungai," ujarnya.

Baca juga: Rumah Warga Bolaang Mongondow Timur Rusak Berat Akibat Banjir

Selain di Kampung Ciputri, banjir akibat tingginya intensitas hujan juga menyebabkan jalan raya sekitar Pasar Panorama terendam banjir setinggi 30 sentimeter. Di Jalan Tangkuban Parahu, tebing setinggi 7 meter sempat menimbun akses jalan penghubung menuju Kabupaten Subang itu. (OL-14)

Baca Juga

DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...
Dok. OMG Ganjar

Sikap Egaliter dan Peduli Budaya Lokal Bikin Orang Muda Lampung Jatuh Hati ke Ganjar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:11 WIB
"Kalau melihat dari anak-anak muda Lampung, sosok beliau adalah sosok yang egaliter, jadi dia peduli dengan rakyatnya, peduli dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya