Rabu 16 Maret 2022, 18:03 WIB

Gas Pol UMKM, Ganjar Gelontorkan Bantuan Rp1 M Setiap Kabupaten

Haryanto | Nusantara
Gas Pol UMKM, Ganjar Gelontorkan Bantuan Rp1 M Setiap Kabupaten

MI/Haryanto
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan bantuan pemberdayaan UMKM Rp1 miliar setipa kabupaten, Rabu (16/3/2022(

 

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menekankan kepada para pemangku kepentingan untuk bersama-sama bersinergi, untuk membangkitkan ekonomi yang sempat lumpuh selama pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat melantik dan mengambil sumpah jabatan direksi PT Bank Pembangunan Daerah Jateng. Ganjar juga meresmikan operasional Bank Jateng Cabang Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

"Saya beberapa waktu lalu berdiskusi dengan teman-teman dari Bank Jateng. Ekonomi ke depannya ini kayanya tidak bisa kita antisipasi dengan menyusun APBD kita seperti tahun-tahun sebelumnya," jelas Ganjar, Rabu (16/3/2022).

"Maka prioritas utama yang mesti didorong adalah gimana caranya ekonomi bangkit. Masing-masing daerah punya keunggulan, prestasi, tapi sinergi antar daerah menjadi penting," tambahnya.

Pada kesempatan ini, Ganjar juga meminta Bank Jateng agar merencanakan dan membuat road map untuk membantu percepatan pemulihan ekonomi, terutama di Jateng.

Salah satu caranya, kata Ganjar, dengan melakukan diskusi dengan pemangku kepentingan. Seperti pakar ekonomi, pengamat ekonomi, sampai pelaku usaha.

"Bank Jateng kemarin saya minta untuk take a lead membuat road map. Bagaimana penyelesaiannya dengwn mengundang pemangku kepentingan. Mudah-mudahan kantor cabang ini akan menjadi bagian mentrigger (merangsang) pertumbuhan ekonomi di sekitar Magelang Raya," ungkap Ganjar.

Lebih lanjut, Bank Jateng juga memberikan bantuan senilai Rp1 miliar kepada enam kabupaten, yakni Kota Magelang, Kabupaten, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, dan Kabupaten Kebumen.

Nantinya, Ganjar berharap, bantuan ini bisa dialokasikan untuk melakukan pembinaan UMKM. Sehingga, masyarakat tidak mencari kerja, tetapi menciptakan lapangan kerja dan muncul enterpreneur baru dari dari UMKM.

"Kalau yang dari Bank Jateng itu seluruh kabupaten kota akan mendapatkan Rp 1Miliar untuk mereka bisa membina UMKM. Kalau mereka bisa ngajari UMKM gitu, wah ini bagus. Dan itu kan mendorong mereka tidak mencari kerja, tapi menciptakan kerjaan baru. Jadi membangun enterpreneur baru dari UMKM," tuturnya.

Namun, Ganjar menjelaskan, agar UMKM bisa maju, harus ada beberapa standar yang harus dipenuhi.

"Maka agar UMKM bisa masuk, dia harus memenuhi standar. Yang dilakukan pemerintah, satu mereka mesti kita dampingi, dua mereka mesti kita latih, tiga agar bisnisnya bagus, ya ini fungsi perbankan. Bank-lah kemudian yang bisa mengakeses. Kalau itu sudah, dia tinggal masuk e katalog," papar Ganjar. (OL-13)

Baca Juga: Dodi Reza Alex Noerdin Didakwa Pasal Berlapis

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Tren Healing Melukat di Carangsari, Berkahnya Mengalir Hingga ke APBD Kabupaten

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:09 WIB
Berkendara 90 menit saja dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, kita akan tiba di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung,...
Ist

Jogja Fair 2022 Digelar Bersamaan Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:00 WIB
Event berkelas yang memadukan dari segi bisnis, edukasi, dan hiburan ini akan dihelat di Jogja Expo Center pada 6-9...
DOK Sahabat Ganjar

Emak-Emak Kuningan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:35 WIB
DUKUNGAN terhadap Ganjar Pranowo untuk maju dalam pilpres 2024 terus mengalir. Kali ini, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya