Rabu 09 Maret 2022, 16:33 WIB

Banjir Bandang Kabupaten Malang, Satu Warga Meninggal Dunia

Ferdian Ananda Majni | Nusantara
Banjir Bandang Kabupaten Malang, Satu Warga Meninggal Dunia

Antara/Ari Bowo Sucipto.
Petugas pemadam kebakaran membantu membersihkan sisa banjir lumpur di Desa Srigading, Lawang, Malang, Jawa Timur, Rabu (9/3/2022).

 

SEORANG warga yang sebelumnya dinyatakan hilang atas kejadian banjir bandang di Kabupaten Malang, Jawa Timur, telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Rabu (9/3). Tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Basarnas, TNI, Polri dibantu masyarakat dan relawan menemukan jenazah korban di bantaran sungai dekat areal persawahan pada pukul 08.00 WIB.

"Adapun kondisi mutakhir saat ini banjir telah surut. Warga bergotong royong membersihkan rumahnya dari material lumpur yang terbawa banjir bandang," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya, Rabu (9/3).

Di samping itu, jalan penghubung dan tol Surabaya-Malang KM 77-79 yang sebelumnya tertutup material sudah dapat dilewati kendaraan. "Aliran listrik masih dalam proses perbaikan dan pembersihan material akibat banjir luapan yang menutupi aliran sungai sedang dilakukan dengan mengerahkan alat berat excavator," pungkasnya. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan menambahkan, korban terseret aliran arus banjir pada saat melakukan pemantauan arus sungai yang ada di belakang rumah salah seorang warga Dusun Ngamarto. Pada saat itu, korban sedang bekerja di salah seorang warga yang ada di Dusun Ngamarto, Kecamatan Lawang pada 8 Maret 2022. 

Namun, pada saat memantau aliran sungai yang deras tersebut, pijakan yang ditempati korban ambrol sehingga korban terjatuh. "Akibatnya, korban jatuh ke sungai dan hanyut," ujar Sadono. 

Setelah kejadian tersebut, rekan-rekan korban kemudian melaporkan kepada pihak berwajib. Pada Selasa malam dilakukan upaya pencarian korban, tetapi terkendala kondisi yang gelap dan hujan yang masih mengguyur wilayah tersebut. Pencarian kemudian dilanjutkan pada Rabu (9/3) pagi.

Dandim 0818 Malang-Batu Letkol Inf Taufik Hidayat yang merupakan Tim Gabungan BPBD Kabupaten Malang menjelaskan, korban terseret arus tersebut merupakan seorang laki-laki atas nama Saad berusia 55 tahun, warga Dusun Sumberwuni,
Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia di Dusun Gapuk, Desa Sumberngepoh, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Proses evakuasi dilakukan melalui Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. (Ant/OL-14)

Baca Juga

Ist

Penegakan Hukum Pengambilan Mata Air Tanpa Izin Harus Disegerakan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 16:06 WIB
Direktur Lingkar Madani Indonesia Ray Rangkuti bahkan mengingatkan, law enforcement harus disegerakan, guna menjaga dan melindungi hak...
MI/HO

Emak-Emak Kendal Ramaikan Lomba Futsal bersama Teman Sandi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:23 WIB
Teman Sandi berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat warga dan tentunya dapat mengajak masyarakat lebih...
MI/HO

Gelar Hackathon di Surabaya, Sahabat Ganjar Lanjut Cari Talenta Inovatif

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:17 WIB
Hackathon merupakan event kompetisi teknologi yang ditujukan untuk mahasiswa/i diseluruh penjuru Indonesia dengan tujuan menggali peran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya