Rabu 09 Februari 2022, 17:55 WIB

Bandung Barat PPKM Level 3 Lokasi Wisata Tetap Buka

Depi Gunawan | Nusantara
Bandung Barat PPKM Level 3 Lokasi Wisata Tetap Buka

MI/Depi Gunawan
Pengunjung memadati objek wisata Lembang Park and Zoo, Kabupaten Bandung Barat, akhir pekan lalu.

 

PEMKAB Bandung Barat mengizinkan tempat wisata tetap beroperasi pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 se-Bandung Raya. Dengan catatan melakukan pengetatan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat, Heri Partomo menyatakan, kendati wisata tetap dibuka tetapi pengelola wajib mematuhi pembatasan pengunjung 25 persen dari kapasitas serta menerapkan aplikasi PeduliLindungi.

"Pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi, jika belum, harus menunjukan sertifikat vaksinasi. Tetapi pengunjung yang dibolehkan masuk hanya yang statusnya hijau," kata Heri, Rabu (9/2).

Dia mengatakan, wisatawan yang berkunjung minimal sudah menerima vaksinasi dosis satu. Pihaknya telah mensosialisasikan aturan tersebut kepada seluruh pengelola wisata, terkait aturan PPKM Level 3 ini akan ditindaklanjuti dengan surat edaran Plt Bupati.

"Pak Plt Bupati belum mengeluarkan surat edaran, tapi ketika Inmendagri sudah keluar, kami sudah langsung edarkan di grup pengelola objek wisata dan hotel agar semuanya mengikuti aturan itu," ungkap Heri.

Selama PPKM Level 3, pihaknya bersama Satgas Penanganan Covid-19 akan melakukan pengawasan prokes di semua objek wisata agar pengelola dan pengunjung mematuhi aturan.

Jika melanggar aturan, seperti melebihi kapasitas pengunjung yang sudah ditentukan, pihaknya dipastikan bakal memberikan sanksi tegas.

"Kita tegur dulu sejauh mana dan seperti apa pelanggarannya, soalnya kita juga tidak bisa seenaknya menjatuhkan sanksi," jelasnya.

Pihaknya masih memberikan toleransi dan hanya akan diberikan teguran bagi pengelola yang melakukan pelanggaran wajar sambil diingatkan agar tidak sampai mengulangi pelanggaran yang sama.

"Mereka pasti menaati aturan karena tidak mau sampai ditutup. Makanya jika kapasitas sudah terpenuhi sebaiknya jangan memaksakan, pengunjung disarankan ke tempat wisata lainnya," tambahnya. (OL-13)

Baca Juga: Nyaman Di Zona Hijau Covid-19 Warga Sikka Mulai Lupa Prokes

Baca Juga

DOK.MI

Seorang Anak di Garut Meninggal Terperosok ke Gorong-Gorong

👤Kristiadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:02 WIB
Peristiwa nahas itu terjadi, Senin (3/10) pukul 13.30 WIB. Korban baru ditemukan di wilayah Perumahan Abdi Negara dalam kondisi tak...
ANTARA

Korban Tragedi Kanjuruhan di RSSA Malang Tinggal 26 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:27 WIB
Kebanyakan pasien yang ditangani RSSA Malang adalah pasien dengan keluhan sesak...
DOK.MI

Pasutri Edarkan 4,9 Kg Sabu di Banjarmasin Ditangkap

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:13 WIB
Mereka mengaku dari hasil penjualan sabu memperoleh Rp175 juta per bulan. Mereka telah menjalankan bisnis haram narkotika selama tiga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya