Rabu 26 Januari 2022, 15:21 WIB

Empat Kasus Covid-19 di DIY Probable Omikron

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Empat Kasus Covid-19 di DIY Probable Omikron

AFP/ CHRISTOF STACHE
Ilustrasi tes omikron

 

KEPALA Dinas Kesehatan DI Yogyakarta Pembajun Setyaningastutie mengungkapkan hingga saat ini ada 37 sampel kasus covid-19 di DIY yang sedang dalam proses pemeriksaan oleh FKKMK UGM dan BBTKLPP Yogyakarta. Dari total tersebut, terdapat 4 kasus yang hasil SGTF-nya (S Gene Target Failure) menunjukkan probable Omikron.

Menurut Pembajun, keempat kasus probable omikron atas hasil SGTF tersebut adalah sampel kasus yang diperiksa oleh BBTKLPP Yogyakarta. Sementara itu, untuk meyakinkan apakah keempat sampel tersebut benar-benar positif omikron, pihaknya menunggu hasil pemeriksaan WGS (Whole Genome Sequencing).

"SGTF adalah salah satu sarana pemeriksaan sebelum dilakukan WGS, karena WGS membutuhkan waktu yang lebih lama. Kalau SGTF itu kan melihat protein dari sampel. Begitu masuk pemeriksaan WGS, baru bisa ditentukan protein yang ada itu adalah protein dari omikron atau bukan," kata dia dalam siaran pers yang diterima, Rabu (26/1).

Baca juga: WHO: Risiko Omikron Tetap Sangat Tinggi

Pembajun menambahkan, empat pasien yang berstatus SGTF probable positif omikron tersebut, tidak ada yang menjalani perawatan di rumah sakit karena dikategorikan sebagai orang tanpa gejala (OTG). Selain empat sampel probable omikron tersebut, Pembayun juga menyebutkan 33 sampel lain yang dicurigai sebagai varian omikron masih dalam pemeriksaan di FKKMK UGM.

"Prokesnya dijalankan. Omikron cepat menularnya, bukan masalah keparahannya. Dawuhnya Pak Gubernur, Kabupaten/Kota diminta untuk mulai mengaktifkan kembali atau memonitor dan evaluasi isoman dan isoternya," tutur Pembajun.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Davina Dee Mampu Ramaikan Restoran yang Sempat Tutup  

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 20:16 WIB
Keistimewaan lain dari restoran ini, menurut Davina, adalah tempatnya yang pas bagi para pecinta binatang yang ingin membawa bintang...
Dok. Pribadi

4 Warga Binaan Lapas Waingapu Dipindahkan ke Lapas Batu Nusakambangan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 16 Mei 2022, 20:12 WIB
“WBP yang kami pindahkan ke Lapas Nusakambangan ini terlaksana atas hasil kolaborasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa...
Dok. BPBPK

Ada 86 Titik Panas, BPBPK Kalteng Rutin Lakukan Patroli Pemadaman Karhutla

👤Surya Siryantoi 🕔Senin 16 Mei 2022, 20:00 WIB
"Kita terus waspada dan melakukan patroli lahan pada yang berpotensi terbakar. Saat ini memang sudah ada karhutla namun masih skala...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya