Rabu 12 Januari 2022, 13:25 WIB

Ada 72 dari 153 Kecamatan di Kalsel Rawan Longsor

Denny Susanto | Nusantara
Ada 72 dari 153 Kecamatan di Kalsel Rawan Longsor

MI/Benny Bastiandy
Ilustrasi: peringatan kawasan rawan longsor atau tanah bergerak

 

SEBANYAK 72 dari 153 kecamatan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masuk kategori rawan bencana tanah bergerak (longsor).

Terkait kerawanan bencana longsor ini Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rozali Anwar, Rabu (12/1), telah menerbitkan surat edaran kepada seluruh Kepala BPBD se Kalsel untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana tanah longsor disamping bencana banjir dan angin kencang (hidrometeorologi) yang sedang terjadi di wilayah tersebut.

Mengacu pada data Badan Geologi Kementerian ESDM tercatat sebanyak 16 kecamatan yang berada di lima kabupaten masuk kategori kerawanan tinggi bencana longsor. Serta 56 kecamatan lainnya di 12 kabupaten/kota masuk kategori rawan longsor.

"Mengacu pada data Badan Geologi Kementerian ESDM tentang peta perkiraan pergerakan tanah, ada 72 kecamatan rawan longsor di Kalsel," tutur Roy Rizali. Seluruh BPBD Kalsel diminta untuk mengambil langkah antisipasi dengan berkoordinasi dengan instansi terkait dan mengaktifkan Posko Bencana.

Terkini, bencana longsor terjadi di Desa Malinau, Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang menyebkan sejumlah rumah warga mengalami kerusakan.

Pantauan Media, kondisi banjir di sejumlah wilayah Kalsel terutama Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar semakin parah dengan ketinggian banjir mencapai 1-2 meter. Berdasarkan laporan BPBD Banjar, sebagian warga mulai mengungsi. Di kabupaten ini ada 9 kecamatan yang rawan bencana banjir dan longsor.

Sementara banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Kota Banjarbaru telah surut. Namun kondisi hujan yang terus mengguyur sebagian wilayah Kalsel menjadi ancaman terjadinya banjir susulan. (OL-13)

Baca Juga: Banjir Kabupaten Hulu Sungai Tengah Berdampak pada Tiga Kecamatan

 

Baca Juga

Medcom

Banjir Rusak Infrastruktur Jaringan Air, Warga Ende Terancam Krisis Air Bersih

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 19 Januari 2022, 19:56 WIB
HUJAN yang melanda Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat infrastruktur perpipaan air bersih rusak...
DOK MI

Polres Cimahi Tangkap Empat Tahanan Pembobol Polsek Cikalongwetan

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 19 Januari 2022, 19:47 WIB
POLRES Cimahi, Jawa Barat menangkap empat orang tahanan yang kabur dari sel tahanan Polsek Cikalongwetan yang sempat viral di media...
dok.ant

Binda Jateng Gelar Vaksinasi di 12 Wilayah, Sasar 14 Ribu Orang

👤Haryanto 🕔Rabu 19 Januari 2022, 19:43 WIB
BADAN Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah kembali menggelar vaksinasi COVID-19 secara serentak di 12 wilayah. Sasarannya sebanyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya