Jumat 31 Desember 2021, 20:04 WIB

Ulama Madura Raden KH. Fakhrillah Aschal Bersilaturahmi dengan Gubernur Babel 

mediaindonesia.com | Nusantara
Ulama Madura Raden KH. Fakhrillah Aschal Bersilaturahmi dengan Gubernur Babel 

Ist/Pemprov Babel
Ulama Madura Raden KH. Fakhrillah Aschal dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman bersilaturahim.

 

GUBERNUR Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengucapkan terima kasih kepada Raden KH. Fakhrillah Aschal atas kunjungannya dalam rangka bersilaturahmi di Rumah Dinas Gubernur, Jumat (31/12).

Melalui silaturahim ini diharapkan tali persaudaraan masyarakat Madura di Babel lebih harmonis lagi di masa mendatang.

Untuk diketahui RKH. Fakhrillah Aschal adalah cicit dari Syaikhona Mohammad Kholil Al-Bangkalani Madura yang sangat masyhur di Indonesia bahkan hingga luar negeri.

"Alhamdulillah saya sangat senang dan bangga karena dikunjungi oleh seorang ulama yaitu RKH. Fakhrillah Aschal cicit dari ulama besar bangsa Indonesia, keluarga RKH. Fakhrillah Aschal  ini tidak asing lagi bagi saya, karena orang tua kami sangat dekat dengan keluarga ulama ini, saya berkewajiban untuk menyambung tali silaturrahmi ini," papar Gubernur Erzaldi.

"Di samping kami sebagai pemimpin di Babel, tentu sudah kewajiban kami untuk memakmurkan umat dan memberikan ilmu kepada masyarakat di Babel. Untuk itu saya bersyukur atas kunjungan RKH. Fakhrillah Aschal ini," ujar Erzladi. 

Orang nomor satu di Babel menilai, para alumni pesantren dari Madura khususnya Bangkalan yang ada di Babel ini sudah banyak berbuat untuk mensyiarkan agama Islam.

Hal itu, menurut gubernur, dilihat dari banyaknya berdiri pesantren di Babel yang dibangun oleh para alumni pesantren dari Madura.

"Saya berharap, silaturahmi ini harus kita jaga dan kita teruskan, dan saya berharap pesantren cabang-cabang Syaikhona Kholil di Babel terus kita kembangkan, pelan tapi pasti," tegas Bang ER. 

Gubernur Erzaldi mengakui, kehadiran dari cabang-cabang pesantren Syaikhona Kholil di Babel sangat membantu Pempro Babel dalam mencerdaskan umat, khususnya umat Islam. 

KH. Fawas Muslim, Asisten dari RKH. Fakhrillah Aschal kepada awak media menuturkan bahwa, setiap tahun ulama dari Madura ini sudah terjadwal untuk berkunjung ke Babel, mengingat di Babel ini banyak masyarakat Madura yang sudah menetapkan di daerah ini.

Oleh sebab itu, tujuan kehadiran RKH. Fakhrillah Aschal di Babel untuk bersilaturahmi dengan masyarakat Madura, sekaligus dengan Gubernur Erzaldi, karena gubernur ini dikenal sangat dekat dengan masyarakat termasuk warga Madura yang ada di Babel. 

"Setiap tahun RKH. Fakhrillah Aschal berkunjung ke Babel untuk mengunjungi masyarakat Madura di sini, itu memang sudah tradisi dari abahnya, dan diteruskan oleh RKH. Fakhrillah Aschal, kebetulan orang Madura di Bangka dekat dengan Pak Gubernur," kata KH Fawas Muslim. .

"Sejak Pak Erzaldi jadi bupati, akhirnya pak gubernur tahu kalau RKH Fakhrillah Aschal datang ke Bangka, pak gubernur mengundang untuk Salat Jumat di sini,sekaligus silaturahmi dengan pak gubernur," ungkap KH Fawas Muslim. (RO/OL-09)

Baca Juga

AFP/	ADRIAN DENNIS

MXGP Sumbawa Dilaksanakan 24-26 Juni

👤Yusuf Riaman 🕔Kamis 26 Mei 2022, 16:05 WIB
"Ini tantangan dan peluang bagi masyarakat. Tidak sekadar gelaran balap tapi dampak ekonomi, dan...
Antara/Andreas Fitri Atmoko.

Domba Terkena PMK Ditemukan di Bantul

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:50 WIB
Terkait asal mula PMK bisa menular ke ternak tersebut, pihak DKPP Bantul masih...
ANTARA

Usai Hadiri Pernikahan Adiknya, Jokowi Blusukan ke Taman Balekambang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:50 WIB
Sudah dua tahun terakhir seni tradisional berhenti beraktivitas akibat pandemi COVID-19. Akibatnya, pelaku seni budaya juga tidak memiliki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya