Kamis 30 Desember 2021, 15:41 WIB

Jembatan Gantung Roboh, 1.000 Jiwa di Dua Desa Terisolasi

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
Jembatan Gantung Roboh, 1.000 Jiwa di Dua Desa Terisolasi

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

SEKITAR 1.000-an jiwa di Desa Gelarpawitan dan Neglasari, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terisolasi. Kondisi itu menyusul robohnya jembatan gantung penghubung dua desa yang melintang di aliran Sungai Cimaragang.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur, Fatah Rizal, mengatakan robohnya jembatan terjadi pada Kamis (23/12). Derasnya arus sungai mengakibatkan konstruksi jembatan roboh.

Kondisi tersebut mengakibatkan aktivitas masyarakat tersendat. Pasalnya, tidak ada akses lain yang lebih cepat untuk menunjang aktivitas.

"Warga (yang terdampak) di dua desa, kira-kira ada 1.000 jiwa. Jembatan gantung yang roboh merupakan penghubung Desa Gelarpawitan dan Neglasari," terang Rizal kepada Media Indonesia, Kamis (30/12).

Konstruksi jembatan memiliki panjang hampir 70 meter dan lebar 1,2 meter. Saat ini sedang diupayakan penanganan darurat agar masyarakat tak memaksakan diri melintasi aliran sungai karena kondisi arus cukup deras. "Tentu karena sifatnya darurat, tidak memaksakan diri untuk menyeberangi, apalagi dengan kondisi hujan sekarang," jelasnya.

Itu membutuhkan peran aparatur desa dan masyarakat agar tetap memantau kondisi di lokasi. Dengan demikian masyarakat yang memaksakan diri menyeberangi aliran sungai bisa dicegah agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. "Insyaallah mudah-mudahan dari pihak desa dan masyarakat dalam kondisi darurat ini bisa terus memantau," tuturnya.

Baca juga: Hore... Pelajar SD di Pati Terima Hadiah Cokelat Usai Divaksin

BPBD bersama Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) sudah melakukan kajian teknis untuk menangani jembatan yang roboh tersebut. Kajiannya berkaitan dengan anggaran penanganan dan lainnya. "Hasil kajian teknis, tidak mungkin pembangunan jembatan di tempat semula tetapi harus digeser," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Dok. Pemprov Babel

Tingkatkan Kualitas SDM, Pelajar Dan Mahasiswa Bangka Belitung Didorong Raih Beasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:36 WIB
"Pintar secara akademis tidaklah cukup, tapi milikilah karakter yang kuat dengan meningkatkan softskill. Belajarlah di luar apa yang...
MI/Apul Iskandar

Harga Cabai Merah di Pematangsiantar Meroket Hingga Rp125 Ribu per Kg

👤Apul Iskandar 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:13 WIB
Kenaikan harga cabai merah dan cabai rawit hijau dikarenakan gagal panen dan naiknya harga...
Wikipedia

Masyarakat dan Wisatawan Diimbau tidak Mendekati Gunung Awu

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
PVMBG telah menaikkan status Gunung Awu dari Waspada Level II ke Siaga Level III menyusul meningkatnya aktivitas kegempaan gunung setinggi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya