Sabtu 25 Desember 2021, 13:36 WIB

Pemkab Klaten Salurkan Rp1,162 Miliar untuk 912 Anak Yatim akibat Covid-19

Djoko Sardjono | Nusantara
Pemkab Klaten Salurkan Rp1,162 Miliar untuk 912 Anak Yatim akibat Covid-19

MI/Djoko Sardjono
Bupati Sri Mulyani (membungkuk) menyerahkan bantuan sosial kepada seorang anak yang orangtuanya meninggal karena covid-19.

 

PEMERINTAH Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, memberikan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) kepada 912 anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang orangtua mereka meninggal kerena covid-19.

Bantuan diserahkan oleh Bupati Sri Mulyani secara simbolis di Pendopo Pemkab Klaten, Jumat (24/12). Total bantuan sosial itu Rp1,162 miliar dari anggaran belanja tidak terduga APBD Klaten 2021.

Penyerahan bantuan dihadiri Wakil Bupati Yoga Hardaya, Plh Sekda Ronny Roekmito, serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Klaten, dan perwakilan penerima bantuan sosial tersebut.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Klaten, Much Nasir, melaporkan bantuan JPS diberikan untuk memenuhi kebutuhan dasar anak yatim, piatu, dan yatim piatu.

"Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan dasar anak yang orangtuanya meninggal karena covid-19. Setiap anak mendapatkan bantuan Rp1,275 juta melalui virtual account (rekening tidak nyata) Bank Jateng," paparnya.

Menurut Much Nasir, bantuan sosial yang diberikan kepada 912 anak yatim, piatu, dan yatim piatu itu juga untuk mengurangi risiko kerentanan anak, akibat kehilangan pengasuhan salah satu atau kedua orang tuanya.

"Ada kriteria khusus bagi anak penerima bantuan, yaitu anak yatim, piatu, atau yatim piatu usia kurang dari 18 tahun yang orangtuanya meninggal karena covid-19, serta domisili di Kabupaten Klaten," jelasnya.

Dalam arahannya, Bupati Klaten Sri Mulyani mengatakan bantuan sosial ini merupakan wujud kehadiran, perhatian, dan keprihatinan pemerintah terhadap anak-anak yang orangtuanya meninggal karena covid-19.

"Kami berharap anak-anak kelak menjadi anak yang hebat, rajin belajar, serta taat kepada agama. Pun jangan lantas putus asa ditinggal orangtua. Jadi, harus tetap semangat untuk meraih cita-cita," pesannya. (OL-13)

Baca Juga: Irjen Iqbal Minta Aktivis NTB Jangan Takut Mengkritik Dirinya

 

 

Baca Juga

Metrotv/Fransiskus Gerardus Molo

Sambut HUT RI, Rutan Larantuka Gelar Pekan Olahraga dan Seni

👤Fransiskus Gerardus Molo 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 07:50 WIB
"Saya harap kegiatan ini dapat menjadi ajang pengembangan bakat dan minat dalam bidang seni dan olahraga bagi warga...
dok.ist

Sandiaga Uno Ajak Warga Jember Jadi Pengusaha Kopi dan Cokelat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 06:05 WIB
MENPAREKRAF Sandiaga Uno menghadiri pelatihan barista kopi dan cokelat di Jember, Jawa Timur yang diikuti ratusan...
dok.ist

Kementan Pacu Regenerasi Petani di Kalimantan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 05:50 WIB
PEMERINTAH melalui Kementerian Pertanian RI terus berupaya mewujudkan regenerasi petani serta melahirkan wirausaha milenial di sektor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya