Selasa 21 Desember 2021, 14:14 WIB

Pabrik Lilin di Garut Terbakar, Seorang Pekerja Tewas

Kristiadi | Nusantara
Pabrik Lilin di Garut Terbakar, Seorang Pekerja Tewas

Medcom.id.
Ilustrasi.

 

PABRIK lilin di Kampung Citamiang, Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terbakar. Musibah ini menyebabkan seorang pekerja bernama Anas, 25, meninggal dunia. 

Kejadian pada Selasa (21/12) sekitar pukul 04.00 WIB tersebut diduga api berasal dari kompor pemanas. Danramil Cisurupan Kapten INF Iyus Rustandi mengatakan, pihaknya mendapat informasi di Kampung Citamiang terdapat bangunan semipermanen yang dijadikan pabrik lilin terbakar. Setelah pihaknya berada di lokasi kejadian kobaran api masih melalap seluruh bangunan beserta isinya. 

Dalam kejadian tersebut, tiga sepeda motor yang dimiliki oleh pemilik rumah ikut terbakar. "Dari hasil keterangan warga setempat, saksi mata dan sebagai pekerja di pabrik lilin meminta pertolongan terkait kebakaran yang terjadi sehingga masyarakat berdatangan untuk memadamkam kobaran api. Korban diduga selama di dalam pabrik berusaha menyelamatkan diri dengan berlari ke arah kebun yang berjarak 50 meter dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia," katanya, Selasa (21/12).

Ia mengatakan, pabrik lilin yang terbakar telah diketahui oleh penjaga dan seorang saksi sampai berupaya meminta pertolongan warga setempat karena kondisi korban tengah terjabak. Warga juga mendengar ada yang meminta tolong di dalam bangunan.

"Pabrik lilin yang terbakar itu diketahui dimiliki oleh Edi Hadiana. Pemadaman dilakukan selama tiga jam oleh petugas pemadam kebakaran dibantu TNI dari Koramil Cisurapan bersama Polri dan masyarakat. Semua barang dalam pabrik mudah terbakar dan proses pemadaman api dilakukan sampai pukul 07.00 pagi," ujarnya.

Menurutnya, kebakaran pabrik lilin di Kampung Citamiang menyebabkan kerugian dan pemilik penghitung perkiraannya mencapai Rp1 miliar lebih. Hingga sekarang kasus tersebut langsung ditangani oleh pihak kepolisian dan lokasinya juga sudah dipasang garis polisi. 

Baca juga: Banjir di Aceh Barat Rendam Delapan Desa

Namun, untuk penyebabnya saat ini diduga berasal dari kompor pemanas yang masih menyala di dalam pabrik dan menjalar ke barang mudah terbakar. "Untuk korban hanya satu orang yakni seorang pekerja dan warga juga sempat membawanya ke rumah sakit saat kejadian itu terjadi. Akan tetapi, sekarang korban sudah dimakamkan oleh keluarganya di pemakaman umum," paparnya. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI.

Banjir Terjang 11 Desa di Kabupaten Probolinggo

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:18 WIB
Di Desa Gending ada dua dusun yang terdampak banjir yakni Krajan sebanyak tercatat sebanyak 140 keluarga terdampak banjir genangan dan...
DOK MI.

Polda NTT Tetapkan Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:11 WIB
Randy kini sudah dalam penanganan Kejaksaan tinggi NTT setelah seluruh berkas perkara dugaan pembunuhan yang dilakukannya dinyatakan...
MI/Agus Utantoro

Elektrifikasi Jalur KA Solo Balapan-Palur Beroperasi Juli 2022

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:57 WIB
Menhub mengatakan, proyek elektrifikasi jalur KA Solo Balapan-Solo Jebres-Palur yang dimulai sejak 2020 ini merupakan bagian dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya