Selasa 07 Desember 2021, 19:21 WIB

Kejati Sumut Tangkap Buronan Kasus Korupsi PJJ Nias Selatan

Yoseph Pencawan | Nusantara
Kejati Sumut Tangkap Buronan Kasus Korupsi PJJ Nias Selatan

DOK MI
Ilustrasi

 

PELARIAN NB dari jeratan hukum terhenti setelah pada Senin (6/12) malam, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara menangkapntya di tempat persembunyian di Kota Medan. NB menjadi butonan selama lima tahun setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi anggaran Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Kabupaten Nias Selatan.

"Tersangka ditangkap dari rumah kontrakannya di salah satu daerah di Kota Medan,"  kata Asintel Kejati Sumut Dwi Setyo Budi Utomo, Selasa (7/12).

Tersangka yang masih berusia 36 itu merupakan mantan bendahara program PJJ Universitas Setia Budi Mandiri (USBM). Dia diduga menyelewengkan bantuan dana PJJ yang dianggarkan dalam APBD Nias Selatan 2015 yakni pada mata anggaran belanja dana biaya operasional perguruan tinggi di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selatan. Audit BPKP perwakilan Sumut menemukan dugaan tindak pidana korupsi pada mata anggaran itu senilai Rp5,8 miliar.

NB kemudian ditetapkan sebagai tersangka korupsi oleh Kejaksaan Negeri Nisel pada Mei 2016. Namun semenjak itu NB tidak pernah memenuhi panggilan pemeriksaan dan dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Dwi Setyo mengatakan setelah ditangkap, NB untuk sementara ditahan di Kejati Sumut. Dalam waktu dekat dia akan diserahkan ke Kejari Nias Selatan untuk proses hukum lebih lanjut.

Kegiatan PJJ di Nisel ketika itu diselenggarakan melalui kerja sama antara Pemkab dengan USBM. Bupati Nisel yang ketika itu dijabat Idealisman Dachi kemudian menerbitkan SK para pengelola PJJ di Teluk Dalam.

Setelah satu tahun berjalan kegiatan itu tersandung masalah hukum. Diduga telah terjadi penyelewengan anggaran yang menimbulkan kerugian negara.

Sejumlah pihak kemudian ditetapkan sebagai tersangka diantaranya Kadisdik Nisel MB, Kabid Dikmentik JB, Ketua Pengelola SS (sudah divonis 2 tahun penjara), dan NB. (OL-15)

Baca Juga

Antara

Kasus Aktif Covid-19 di Batam Melonjak

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:25 WIB
Didi menyatakan dari 10 orang tambahan positif hari ini, dua orang di antaranya baru datang dari...
MI/BAYU ANGGORO

Gema Pasundan Tuntut Arteria Dahlan Diberhentikan

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:10 WIB
Arteria Dahlan telah mengingkari fakta bahwa banyak orang Sunda berperan dalam pembangunan...
Antara

Vaksinasi Anak di Sukabumi Capai 62 Persen

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:49 WIB
Pada hari ini saja, jumlah pelajar sekolah dasar yang mendapat vaksinasi dosis pertama sebanyak 7.774...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya